OPINI

OPINI - Peran Pengawasan Terhadap Polemik Tugas PKB/PLKB

Memasuki babak baru pengalihan tugas PKB/PLKB, BKKBN dituntut untuk melakukan sertifikasi secara paralel terhadap seluruh PKB/PLKB.

OPINI - Peran Pengawasan Terhadap Polemik Tugas PKB/PLKB
tribun timur
Auditor BKKBN

Oleh:
Nurmala Ma’mur
Auditor BKKBN

PKB adalah singkatan dari Penyuluh Keluarga Berencana dam PLKB adalah Petugas Lapangan Keluarga Berencana.

Keduanya sebagai petugas BKKBN berkedudukan di tingkat lini lapangan yang menjadi andalan terdepan dalam mewujudkan keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Masing-masing bertugas melaksanakan, mengelola, menggerakkan dan memberdayakan serta menggalang dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana bersama institusi masyarakat pedesaan/perkotaan di tingkat desa/kelurahan.

Status kepegawaian PKB/PLKB dapat dianalogikan sebagai orang yang pergi dan pulang (PP). Semula berstatus sebagai pegawai pusat (vertikal).

Namun setelah terbentuk daerah otonom di kabupaten/kota, maka mereka termasuk salah satu aset personil yang diserahkan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah.

Kini kembali lagi dialihkelolakan dari pemerintah daerah menjadi pegawai pusat.

Berawal dari kondisi ini secara tidak langsung berimbas kian meredupnya gaung Program Kependudukan dan Keluarga Berencana.

Baca: Peduli Korban Kebakaran di Lome, IMDI STKIP DDI Pinrang Galang Dana

Seiring terjadinya reformasi tahun 1997/1998 dan otonomi daerah tahun 2003/2004 sehingga banyak terjadi pergantian di lingkungan strategis bagi pelaksanaan program.

Seiring dengan berlangsungnya kembali pengalihan tugas PKB/PLKB ini, ternyata lebih banyak lagi polemik yang muncul.

Halaman
1234
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved