OPINI

OPINI - Takjil dan Sahur Bersama

Takjil dalam bahasa Arab dari kata ajala-ta jilan yang berarti bersegera dan mempercepat sesuatu urusan.

OPINI - Takjil dan Sahur Bersama
Mahmud Suyuti

Oleh:
Mahmud Suyuti
Katib Awwal Jam iyah Khalwatiyah dan Ketua MATAN Sulsel

Takjil seringkali diartikan menu buka puasa, padahal arti sebenarnya bukan demikian. Takjil dalam bahasa Arab dari kata ajala-ta jilan yang berarti bersegera dan mempercepat sesuatu urusan.

Takjil bukan berarti makanan atau minuman untuk berbuka puasa, tetapi yang umum dipahami takjil adalah menu buka yang sering dijumpai di pinggiran jalan terutama saat menjelang azan magrib berkumandang sebagai tanda akan masuknya untuk berbuka puasa.

Takjil yang arti sebenarnya bersegera atau mempercepat, maka jika takjil yang dipahami sebagai menu buka puasa tentu seharusnya takjil tersebut segera dijual, segera dibeli, segera dibagi, segera tersalurkan atau dipercepat untuk diberikan kepada yang akan berbuka, jangan ditunda-tunda.

Itulah kira-kira makna takjil yang tepat.

Takjil yang dipahami secara umum bila dilihat dari bentuk dan macamnya seperti es cendol, kue lapis, onde-onde, jalangkote, kolak, pisang ijo/pallubutung, barongko dan selainnya seharusnya cepat sampai di tangan bagi yang berpuasa, jangan sampai telat yang seharusnya segera dicicipi saat tiba azan Magrib.

Beda dengan mencicipi menu sahur justru diperlambat sampai tiba azan Shubuh.

Makan sahur dianjurkan untuk tidak dipercepat tetapi diperlambat sebagaimana firman Allah, makanlah dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan hitam, yaitu fajar (QS.al-Baqarah/2: 17).

Baca: Tertibkan Pedagang, Satpol PP Mamasa Diadang Emak-emak

Jadi batas santap sahur adalah saat masuknya fajar bertepatan saat tiba azan subuh.

Namun demi kehati-hatian maka diatur dalam fikih tentang waktu imsak karena sahur memiliki keistimewaan sebagaimana takjil saat berbuka.

Halaman
123
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved