Peringatan Hari Bumi

Mapalasta UIN Rencana Bersihkan Kampus, SD Inpres Bakung dan Pantai Losari

Tema yang mereka usung pada Hari Bumi kali ini yakni Earth Day is Everyday.

Mapalasta UIN Rencana Bersihkan Kampus, SD Inpres Bakung dan Pantai Losari
Hari Bumi Mapalasta UIN Alauddin Makassar 

Mapalasta UIN Alauddin Siapkan Aksi Peringatan Hari Bumi

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Mahasiswa Pecinta Alam Sultan Alauddin (Mapalasta) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin sedang mempersiapkan serangkaian kegiatan dalam rangka Hari Bumi yang diperingati setiap 21 April.

Kegiatan dimaksud antara lain menggelar beberapa aksi bersih-bersih lingkungan di sejumlah lokasi. Diawali dengan operasi bersih di kampus UIN Alauddin di Kelurahan Samata, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, pada Jumat (22/4) pekan ini.

“Pada hari yang sama, kami juga akan melakukan aksi bersih di SD Inpres Bakung yang masih berada dalam wilayah Kelurahan Samata,” jelas Ketua Mapalasta UIN Imran Rosadi melalui rilisnya ke tribun-timur.com, Selasa (19/4/2016).

Pada aksi bersih di area SD Inpres Bakung, rencananya melibatkan sejumlah organisasi kemahasiswaan selain Mapalasta. Di sekolah ini, mereka juga akan melakukan edukasi kepada para pelajar, khususnya mengenai cinta lingkungan.

”Dengan edukasi ke para murid itu, kami berharap kedepan akan terbentuk generasi-generasi muda yang peduli dan cinta lingkungannya,” kata Imran.

Anggota organisasi mahasiswa pencinta alam yang telah berusia 23 tahun ini akan melanjutkan aksi bersih-bersih lingkungan pada Minggu (24/4/2016). Lokasi yang akan dibersihkan adalah Pantai Losari. Kegiatannya ini diberi nama Bersih Losari.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan mahasiswa UIN terhadap lingkungan serta wujud dukungan Mapalasta terhadap program-program pemerintah yang pro terhadap pelestarian dan kebersihan lingkungan,” tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksana Earth Day 2016 Abdul Azis mengatakan, aksi Bersih Losari tersebut tidak hanya melibatkan para anggota Mapalasta saja. Tapi juga akan diikuti para mahasiswa lainnya yang berasal dari sejumlah organisasi kemahasiswaan di UIN Alauddin.

Azis menjelaskan, mereka sengaja memilih aksi bersih-bersih di Losari pada 24 April karena hari tersebut adalah hari Minggu. Setiap hari Minggu, jumlah masyarakat yang hadir di Pantai Losari pasti melonjak dan ini tentu akan berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah sampah buangan masyarakat.

“Selain memungut sampah di Losari, rencananya kami juga akan mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,” katanya.

Momen ini pun menurut Azis diharapkan bisa menjadi ajang pembuktian bahwa para mahasiswa, khususnya di UIN Alauddin, juga tak pernah berhenti berupaya untuk membawa perubahan dan mendedikasikan kemampuan mereka bagi kepentingan masyarakat.

“Adapun tema yang kami usung pada Hari Bumi kali ini yakni Earth Day is Everyday. Kami ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk setiap hari mencintai lingkungannya,” paparnya. (*)

Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved