Nurdin Abdullah Dorong PNUP Kembangkan Triple Helix

Menurutnya ketiga kalangan tersebut apabila bersinergi dengan sungguh-sungguh mampu meningkatkan dinamika dan daya kesinambungan ekonomi.

Nurdin Abdullah Dorong PNUP Kembangkan Triple Helix
handover
Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Dr Ir H M Nurdin Abdullah sambangi PNUP sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap pendidikan tinggi khususnya yang berbasis vokasi yang berpusat di Auditorium Jurusan Teknik Elektro kampus II PNUP, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Dr Ir HM Nurdin Abdullah MAgr mendorong Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) untuk giat mengembangkan konsep triple helix.

Triple helix yang dimaksudkan ini merupakan sinergi kekuatan dari tiga unsur yaitu kalangan pendidik atau akademik, dunia bisnis atau pengusaha dan pemerintah.

Menurutnya ketiga kalangan tersebut apabila bersinergi dengan sungguh-sungguh mampu meningkatkan dinamika dan daya kesinambungan ekonomi.

Baca: Siapkan Lulusan Masuk di Dunia Kerja, UMI Jalin Kerjasama dengan PT Pelindo IV

"Hal ni tentunya akan memperkuat munculnya suatu kondisi di mana akan melahirkan berbagai kebijakan inovasi yang merupakan hasil interaksi antar elemen masyarakat dan bukan lahir hanya sebagai usulan dari pihak pemerintah saja," katanya melalui rilis pada tribun-timur.com, Selasa (12/3/2019).

Mantan Bupati Bantaeng ini menjelaskan, berbagai peluang selalu terbuka di berbagai sektor industri yang tentunya selalu membutuhkan inovasi teknologi.

Peluang itu harus pandai dibaca dan dimanfaatkan oleh para lulusan vokasi. Keterlibatan industri memastikan bahwa penelitian memiliki fokus inovasi yang aplikatif sehingga memberikan kontribusi untuk memperkuat basis industri negara dimana pemerintah menjamin dan menjaga stabilitas hubungan keduanya dengan regulasi kondusif.

Baca: Alasan Mahasiswi Kedokteran Unhas Ini Gabung di Tiga Organisasi Sekaligus

Nurdin Abdullah berharap agar sebagai generai milenial mereka mampu berkompetisi di era global. Banyak peluang yang dapat diraih lulusan pendidikan vokasi sehingga rasa optimis harus tetap ditanamkan pada semua lini.

"Mahasiswa PNUP sebelum lulus diharapkan memiliki sertifikat kompetensi karena ke depan dunia kerja tidak akan melihat ijazah saja, tetapi lebih mengutamakan kompetensi bidang apa yang dimiliki. Kunjungan kerja Gubernur Sulawesi Selatan ke kampus II PNUP diakhiri dengan melakukan kunjungan ke beberapa galeri karya inovasi yang dihasilkan oleh para dosen dan mahasiswa PNUP seperti mesin penetas telur anti gagal dan lain-lain," tuturnya.

Baca: Begal Potong Tangan Mahasiswa Enrekang Dijatuhi Hukuman 17 Tahun Penjara

Hal tersebut diungkapkan saat melakukan kunjungan kerja ke PNUP sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap pendidikan tinggi khususnya yang berbasis vokasi yang berpusat di Auditorium Jurusan Teknik Elektro kampus II PNUP, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/3/2019).

Sementara Direktur PNUP, Ir Muhammad Anshar MSi PhD mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan Gubernur Sulawesi Selatan ke kampus II PNUP yang menjadi bukti kepedulian pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu perpanjangan tangan pemerintah pusat pada peningkatan mutu pendidikan.

Baca: Cerita Anggota Satpol PP Jeneponto Soal Mobil Goyang yang Gegerkan Pegawai

"Semoga kunjungan Gubernur Sulawesi Selatan ke kampus PNUP dapat dapat memberikan dampak yang positif bagi segenap civitas akademika PNUP untuk berkontribusi besar pada peningkatan pendidikan vokasi yang diemban PNUP," tuturnya. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @umhaconcit

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved