Kurangi Sampah, Luwu Timur Buat Program Lutim Bersih dan Keren

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan pencanangan Gebyar Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 diperingati serentak di seluruh kecamatan

Kurangi Sampah, Luwu Timur Buat Program Lutim Bersih dan Keren
ivan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan pencanangan Gebyar Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 diperingati serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Luwu Timur di di Halaman Kantor Syahbandar Malili, Kamis (2122019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan pencanangan Gebyar Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 diperingati serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Luwu Timur.

"Peringatan HPSN 2019 mengingatkan kita untuk peduli terhadap persoalan sampah," kata Bupati Luwu Timur, Thorig Husler di halaman Kantor Syahbandar Malili, Kamis (21/2/2019).

Thorig Huslermengatakan bertambahnya jumlah penduduk disertai meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat.

Namun masih rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan membuat persoalan sampah semakin pelik.

Menurutnya, harus ada gerakan bersama yang sinergis sesuai tema HPSN 2019, sinergi upaya kelola sampah oleh masyarakat, dunia Umusaha, dan pemerintah/pemerintah daerah.

HPSN 2019 pun ditindaklanjuti untuk skala Kabupaten Luwu Timur yaitu "Gebyar HPSN 2019 Menuju Lutim Beken atau Lutim Bersih dan Keren" berlangsung 21 Februari sampai 21 Mei 2019.

"Dengan harapan bisa lebih optimal, semarak dan membumi," imbuhnya.

Luwu Timur Bersih dan Keren kata dia sudah sejalan dengan Peraturan Bupati Nomor 27 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga yang atau Jakstrada.

Jastrada memuat rencana aksi penanganan dan pengurangan sampah hingga tahun 2025.

Tahun 2018 persentase pengurangan sampah di Luwu Timur baru mencapai 6,05 persen dan masih jauh dibawah target sebesar 18,3 persen.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved