Home »

Opini

opini

OPINI Ketua Forum Dai Pangkep: Saatnya Sumbang Umat, Bukan Masjid

Tidak pernah dijumpai para sahabat berlomba-lomba menyumbang untuk pembangunan mesjid.

OPINI Ketua Forum Dai Pangkep: Saatnya Sumbang Umat, Bukan Masjid
handover
Albahri 

Oleh: Albahri
Ketua Forum Dai Pangkep

Kita menyaksikan pembangunan mesjid di mana-mana dilakukan oleh masyarakat muslim, sehingga jumlah mesjid setiap desa atau Kelurahan sudah sangat mumpuni.

Hal ini terjadi, karena kebutuhan spiritual ummat Islam untuk beribadah dengan nyaman, agar jamaah tidak jauh dari tempat tinggal komunitas muslim, dan biasa juga karena berbeda mazhab sehingga berlomba-lomba masyarakat muslim membangun mesjid.

Di samping itu blow up para muballig di mimbar-mimbar dengan mengutip nash-nash dari Nabi, salah satunya, hadits yang diriwayatkan Bukhari Muslim “Dari Ubaidillah telah mendengar Utsman Bin Affan, Rasulullah bersabda: siapa yang membangun mesjid karena mengharap ridha dan pahala dari Allah, maka Allah akan membangunkan untuknya yang seperti itu di Syurga.”

Dari hadits inilah yang memotivasi kaum muslimin menyumbang pembangunan mesjid, kita juga menyaksikan bantuan dana dari Timur Tengah begitu cepat ketika lembaga atau person mengajukan proposal pembangunan mesjid.

Ummat juga antusias menginfakkan harta mereka ketika mendapatkan pembangunan mesjid yang masih terbengkalai.

Entah itu di tengah jalan, list donator atau mengirim proposal ke saudagar Bugis dan Makassar yang berdomisili di luar daerah Sulawesi Selatan.

BACA JUGA: Opini Mahasiswa S3 Hukum Unhas: Konsekuensi Menjadi Pelayan Kesehatan

BACA JUGA: Opini Prof Mardan: Transformasi Universitas Islam

Jika kembali kepada Al Qur`an sebagai sumber pedoman utama ummat Islam, maka tidak ada satupun secara khusus ayat yang merekomendasikan menyumbang mesjid.

Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help