Pilpres 2024

Partai Nasdem Tentukan Nasib Demokrat dan PKS Setelah Temui Gerindra, AHY Pasrah

Saat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyatakan partainya usung Anies Baswedan, petinggi Nasdem malah melakukan pertemuan

Editor: Ansar
Kompas.com
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali usai membuka rangkaian perayaan HUT Nasdem di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad Ali sudah menentukan nasib Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setelah bertemu Gerindra.

Saat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyatakan partainya usung Anies Baswedan, petinggi Nasdem malah melakukan pertemuan.

Meski Nasdem sudah temui Gerindra, namun Ahmad Ali memastikan, Nasdem tetap menjajaki Koalisi Perubahan bersama PKS dan Partai Demokrat.

Sejumlah jajaran petinggi Nasdem mengunjungi Sekretariat Bersama (Sekber) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra hari ini.

“Hari ini, kami belum berpikir untuk mencari alternatif karena pembicaraan kami dengan PKS, dan Demokrat juga sangat serius, dan juga hampir rampung,” ujar Ali ditemui di Sekber PKB-Gerindra, Menteng, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Ali juga mengatakan, kunjungan Nasdem merupakan hal yang biasa.

Sebab, Gerindra dan PKB adalah mitra koalisinya di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

 “Ini kan sahabat dari pada Partai Nasdem di pemerintahan. Tentunya, menjadi hal yang wajar kalau kemudian hari ini kita berkunjung,” katanya.

Ali kemudian mengaku bahwa ketiga parpol saling mendoakan langkah dan keputusan politik masing-masing.

Bagi Nasdem, perbedaan pandangan politik itu tak membuat proses komunikasi berhenti berjalan.

“Paling tidak sampai hari ini ada dua koalisi, yang satu sudah terbentuk, dan yang satu hampir terbentuk. Nah kita saling mendoakan,” ujar Ali.

Namun, Ali berpandangan bahwa semua hal masih bisa terjadi dalam dunia politik yang bersifat cair.

“Sekali lagi, bahwa politik itu dinamis, oke?” katanya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah menyatakan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

Ia kemudian mengajak PKS dan Nasdem untuk segera membentuk Sekber.

AHY juga tampak melunak. Ia tak lagi membahas soal kriteria penentuan calon wakil presiden (cawapres).

Menurutnya, penentuan figur cawapres bakal diserahkan pada Anies Baswedan selaku calon presiden (capres) yang telah diusung Nasdem.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nasdem Klaim Tetap Jajaki Koalisi Perubahan Bersama PKS-Demokrat, meski Kunjungi PKB-Gerindra"

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved