Imlek 2023

Prosesi Ganti Jubah Dewa Kwan Kong di Klenteng Kwan Kong Makassar

Usai penggantian Jubah Dewa Kwan Kong dan Dewa-Dewi, Yayasan Klenteng Kwan Kong akan menyelenggarakan Ibadah Sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek 257

Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Suasana prosesi penggantian Jubah Dewa Kwan Kong di Klenteng Kwan Kong, Makassar pada Selasa (17/01/2023). 

oleh :

Miguel Dharmadjie, S.T., CPS®, CCDd®

Penyuluh Agama Buddha Non PNS Prov. Sulsel


TRIBUN-TIMUR.COM - Tahun Baru Imlek 2574 jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Salah satu rangkaian Tahun Baru Imlek yang sarat akan makna ritual, khususnya bagi umat Tridharma (Buddha, Khonghucu, dan Taoisme) adalah prosesi Penggantian Jubah Dewa.

Klenteng Kwan Kong; salah satu klenteng tertua di Kota Makassar; melaksanakan prosesi Penggantian Jubah Dewa Kwan Kong dan seluruh Dewa-Dewi secara sederhana pada Selasa (17 Januari 2023).

Di dalam Klenteng Kwan Kong Makassar terdapat dua puluh lima obyek penghormatan, antara lain: Tuhan Yang Maha Esa, Buddha Gotama, Dewa Kwan Kong, Dewa-Dewi dan altar leluhur.

Prosesi penggantian Jubah Dewa Kwan Kong diikuti Pengurus Yayasan Klenteng Kwan Kong (Pembina, Penasehat, Pengawas dan Badan Pengurus) dan Panitia Sembahyang Tahunan. Nampak hadir: Ketua Dewan Pembina Ir. Kevin Tanzil, Ketua Badan Pengurus Kusdiagung Gosal dan Ketua Panitia Sembahyang Tahunan Ho Reddy Hodinata.

Prosesi penggantian Jubah Dewa-Dewi diawali pencucian rupang / pratima Dewa Kwan Kong dan Dewa-Dewi lainnya serta membersihkan altar dan sarana sembahyang di masing-masing altar.

Usai seluruh rupang Dewa-Dewi beserta altar dan sarana sembahyang telah bersih, maka puncak acara ganti jubah Dewa-Dewi dilakukan dalam bentuk pemakaian jubah baru pada Dewa Kwan Kong dan Dewa-Dewi oleh pengurus yayasan.

Prosesi pencucian rupang dan upacara penggantian jubah bermakna membersihkan yang kotor agar menjadi bersih menjelang tahun yang baru. Dikaitkan dengan kehidupan, umat hendaknya berupaya membersihkan diri, baik secara lahir dan batin dalam menyongsong tahun yang baru serta bertekad agar dapat menjadi pribadi yang baik dan bersih di tahun yang baru.

Usai penggantian Jubah Dewa Kwan Kong dan Dewa-Dewi, Yayasan Klenteng Kwan Kong akan menyelenggarakan Ibadah Sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek 2574.

Yaitu: Ibadah Sembahyang Tutup Tahun (Thuan Nian) pada Sabtu, 21 Januari 2023 pukul 10.00 Wita sebagai doa syukur atas berkah dan karunia yang telah diperoleh selama setahun.

Dan Ibadah Sembahyang Buka Tahun (Khai Nian) pada Senin, 23 Januari 2023 pukul 10.00 Wita, dimana mendoakan agar memasuki tahun baru hingga setahun ke depan negara Indonesia tercinta, khususnya kota Makassar senantiasa terbebas dari berbagai marabahaya, malapetaka dan kesulitan. Serta masyarakat senantiasa diberkahi kesehatan, usia panjang, kekuatan, kesuksesan dan semua cita-cita luhur tercapai.

Sehubungan kondisi gedung klenteng yang masih direnovasi, jam operasional Klenteng Kwan Kong pada malam Tahun Baru Imlek (Sabtu, 21 Januari 2023) dan hari ke-delapan Tahun Baru Imlek (Minggu, 29 Januari 2023) akan ditutup pukul 17.00 Wita. Sementara khusus pada hari Cap Go Meh (Minggu, 05 Februari 2023) akan diinformasikan kemudian.***(midhata)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved