Opini

Anies Baswedan dan Amran Sulaiman, Mungkinkah?

Sebagai seorang pengusaha dan profesional, tentu saja Amran Sulaiman layak untuk mendampingi Bung Anies di pemilu presiden 2024.

Editor: Hasriyani Latif
DOK TRIBUN TIMUR
Amir Muhiddin Dosen FISIP Unismuh Makassar dan Penggiat Forum Dosen. Amir Muhiddin penulis Opini Tribun Timur berjudul 'Anies Baswedan dan Amran Sulaiman, Mungkinkah?'. 

Oleh:
Amir Muhiddin
Dosen FISIP Unismuh Makassar
Penggiat Forum Dosen

TRIBUN-TIMUR.COM - Menarik pertemuan silaturrahmi antara Andi Amran Sulaiman dan Anies Baswedan di Empang milik AAS.

Pertemuan itu sekaligus diselingi diskusi bersama Forum Dosen yang anggotanya terdiri dari para dosen dan rektor beberapa pergruran tinggi di Makassar dipimpin oleh Dr. Adi Suryadi.

Meskipun silaturrahmi dan berdiskusi seputar isu-isu kekinian tentang Indonesia, tetapi tidak bisa dinafikkan bahwa pertemuan itu sarat dengan muatan politik yang orientasinya ingin agar Anis Baswedan disandingkan dengan Andi Amran Sulaiman pada pemilu 2024.

Mungkinkah? Ya, tentu sangat mungkin karena beberapa kali survay dilakukan oleh beberapa lembaga survey, ternyata Anies Baswedan selalu berada ditiga besar bersama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, Angkanya nyaris sama, toh kalau berbeda, sedikit saja.

Hasil Survey tersebut menunjukkan bahwa wakil presiden sangat menentukan kemenangan diantara ketiganya.

Siapa yang tepat memilih wakilnya, maka kemungkinan dialah yang akan menang, tentu saja tanpa menafikkan variabel-variabel politik identitas seperti agama, suku dan ras, serta geo politik, dan jangan lupa intervensi kekuasaan.

Andi Amran Sulaiman. Mungkinkan AAS ?

Ya mungkin saja, sebab beliau secara geo politik berada di luar Jawa, dan refresentasi Indonenesia Timur.

Dari aspek popularitas, tentu saja tidak perlu diragukan sebab beliau pernah menjadi menteri pertanian dan dikenal sampai ke pelosok desa dengan berbagai program yang pro kepada rakyat.

Pengalaman sebagai menteri pertanian juga memberi bobot pada kemampuan menejerial dan tehnis yang memungkinkan berpikir dan bertindak pragmatis serta solutif.

Satu lagi bahwa beliau seorang pengusaha peribumi yang mengelola tambang secara profesional, mengerti dan memahami potensi serta keuntungan bisnis untuk rakyat, daerah dan untuk negara.

Saya beberapa kali mengikuti diskusi dengan beliau di beberapa tempat, ternyata pandangannya tentang rakyat, negara dan nasionalisme amat mempuni, dihati saya orang ini pantas jadi pemimpin besar.

Sebagai seorang pengusaha dan profesional dengan net working yang luas, tentu saja layak untuk mendampingi Bung Anies di pemilu presiden 2024.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved