G30S PKI

Ternyata Ini Penyebab Film G30S PKI Berhenti Wajib Tayang Tiap Tahun, 4 Bulan Usai Jatuhnya Soeharto

Film G30S PKI atau film yang berjudul 'Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI' sempat wajib tayang setiap tahun pada era Soeharto. Mengapa dihentikan?

Editor: Sakinah Sudin
Istimewa via Intisari-Online.com
Peristiwa G30S/PKI dan Soeharto. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Berikut ini penjelasan terkait penyebab film G30S PKI atau G30S/PKI berhenti wajib tayang tiap tahun.

Diketahui, film G30S PKI atau film yang berjudul 'Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI' sempat wajib tayang setiap tahun pada era Soeharto.

Sejak saat itu, penayangan wajib film ini di TV dan bioskop tiap tahun pada era Soeharto dilakukan sebagai peringatan kejadian peristiwa 30 September 1965.

Namun pada 30 September 1998, pemutaran wajib film ini dihentikan, yaitu selang empat bulan setelah setelah jatuhnya Soeharto.

Lantas mengapa penayangan film G30S PKI dihentikan?

Siapa pula sosok di balik penghentian film tersebut?

Berikut ulasannya dilansir Tribun-Timur.com dari Intisari-Online.com:

Film G30S PKI atau film yang berjudul 'Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI' sempat wajib tayang setiap tahun pada era Soeharto.

Film tersebut dirilis pada tahun 1984, kemudian mulai muncul di televisi nasional pada 1985 bertepatan dengan peringatan 30 September dan juga menjelang Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Film ini merupakan produksi Perum Produksi Film Negara (PPFN), yang disutradarai Arifin C Noer.

Menceritakan tentang detik-detik bagaimana para perwira tinggi militer Indonesia diculik sebelum kemudian dibantai dalam peristiwa 30 September 1965 yang juga dikenal sebagai tragedi G30S.

Seperti diketahui, peristiwa 30 September 1965 merupakan salah satu tragedi kelam dalam sejarah Indonesia yang masih terus diingat hingga hari ini.

Film tersebut dibuat berdasarkan pada versi resmi menurut pemerintah kala itu dari G30S, yang ditulis oleh Nugroho Notosusanto dan Ismail Saleh.

Dalam versi tersebut, menggambarkan peristiwa G30S didalangi oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved