Opini Saifullah Bonto

Tribute To Asdar Muis RMS: Pekan Literasi, Ikhtiar Kolektif Mewujudkan Pangkep Cerdas

Sebagian orang menganggap bahwa aktivitas membaca adalah sebuah hobi atau sekadar aktivitas mengisi waktu luang.

DOK PRIBADI
Saifullah Bonto (Mahasiswa S2 Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran) 

Oleh: Saifullah Bonto (Mahasiswa S2 Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran)

TRIBUN-TIMUR.COM - Iqra’ (Bacalah), demikian pesan Tuhan dalam kitab suci umat Muslim. Sebuah pesan yang tak sebatas teks tapi perlu kontekstualisasi dalam segala macam bentuk pengejawantahannya.

Sebagian orang menganggap bahwa aktivitas membaca adalah sebuah hobi atau sekadar aktivitas mengisi waktu luang.

Tapi tidak dengan sebagian orang pula yang menganggap bahwa membaca merupakan salah satu bentuk manifestasi wahyu pertama dari Tuhan khususnya bagi umat Muslim.

Bagi mereka, membaca merupakan bagian dari ibadah karena sebelum mengamalkan sesuatu, harus mengilmuinya terlebih dahulu dan salah satu cara untuk mengilmuinya adalah dengan membaca.

Dewasa ini, tradisi membaca lebih sering diartikan sebagai tradisi literasi yang aktivitasnya bukan hanya sekadar membaca namun juga menulis.

Hal ini berangkat dari definisi awalnya yakni literatus yang artinya orang yang belajar.

Prof Haedar Nashir dalam sebuah pidatonya menyampaikan bahwa tradisi iqra’ atau tradisi literasi merupakan aktivitas membaca dan menulis.

Dengan adanya tradisi literasi mengantarkan masyarakat menjadi masyarakat modern jauh dari state of mind yang kolot dan konservatif.

Dalam literatur lain, Aulia Akbar dalam sebuah jurnalnya tentang Membudayakan Literasi memberikan pandangannya bahwa literasi adalah kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung (counting) berkaitan dengan kemampuan analisis untuk memperhitungkan (calculating), mempersepsikan informasi (perceiving), mengomunikasikan, serta menggambarkan informasi (drawing) berdasarkan pemahaman dan pengambilan kesimpulan pribadi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved