Rutan Pinrang

Punya 10 Jenis Layanan, Unit Layanan Terpadu Rutan Pinrang Diresmikan Kakanwil Kemenkumham Sulsel

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Liberti Sitinjak. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita.

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Muh. Irham
ist
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak, resmikan Unit Layanan Terpadu (ULT) di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang, Kamis (8/9/2022). 

PINRANG, TRIBUN-TIMUR.COM - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak, resmikan Unit Layanan Terpadu (ULT) di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang, Kamis (8/9/2022).

Acara peresmian ini dihadiri Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Abd Rahman Mahmud. 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Liberti Sitinjak. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita.

Kepala Rutan Pinrang, Wahyu Trah Utomo, menyampaikan, Unit Layanan Terpadu ini merupakan bentuk peningkatan kualitas layanan dalam hal sarana dan prasarana.

"Dengan hadirnya ULT ini, kami berharap masyarakat dapat lebih nyaman ketika berkunjung ke Rutan Pinrang. Mereka dapat terlayani dengan baik dengan fasilitas yang memadai," ucapnya.

Wahyu menuturkan, kehadiran ULT ini diharapkan dapat memberikan persepsi yang baru bagi masyarakat terkait kunjungan ke rutan. 

"Kami ingin, persepsi masyarakat berubah bahwa berkunjung ke lapas ataupun rutan itu tidaklah menyeramkan. Tetapi layanannya bisa sama dengan perusahaan BUMN," tuturnya.

Dikatakan, ULT ini memiliki 10 layanan yang terintegrasi dalam 3 loket layanan. 

Seperti layanan informasi dan pengaduan, layanan registrasi kunjungan, layanan titipan barang dan makanan, layanan komunikasi masyarakat (Yankomas).

Layanan self service keluarga, layanan mini galeri, layanan pojok baca, layanan disabilitas, layanan pos bantuan hukum (Posbakum) Situlung, dan layanan I Care You.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak, menyampaikan apresiasi kepada Rutan Pinrang atas komitmen yang ditunjukkan dalam meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat.

"Unit Layanan Terpadu ini sebagai bentuk akselerasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Kita ingin masyarakat merasa puas dengan layanan yang diberikan. Kita tidak ingin ada cerita-cerita di belakangan, karena fasilitas layanan yang kurang memadai," jelasnya. 

Liberti juga mengimbau kepada jajaran Rutan Pinrang agar senantiasa menjaga integritas dalam melayani.

"Saya tidak ingin mendengar lagi kabar-kabar, ada pegawai yang terlibat tarif-tarif nominal. Jika itu terjadi, dengan segala kewenangan saya, terpaksa harus saya hentikan masa jabatannya sebagai Petugas Pemasyarakatan," tegasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved