Bupati Luwu Utara Luncurkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu kabupaten dari dua kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ditunjuk sebagai pilot program ini.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Saldy Irawan
PEMKAB LUTRA
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meluncurkan desa ramah perempuan dan peduli anak, Rabu, (7/9/2022) di Aula Kantor Desa Kariango, Kecamatan Baebunta. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meluncurkan desa ramah perempuan dan peduli anak, Rabu, (7/9/2022) di Aula Kantor Desa Kariango, Kecamatan Baebunta.

Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu kabupaten dari dua kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ditunjuk sebagai pilot program ini.

Ada dua desa di Luwu Utara yang menjadi pilot dalam program ini, yaitu Desa Kariango, Kecamatan Baebunta dan Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke.

"Terimakasih atas kesediaan dua desa ini untuk menjadi piloting desa ramah perempuan dan peduli anak," kata Indah.

Ini juga kata Indah untuk memastikan tidak ada kasus kekerasan anak dan perempuan, tidak ada pernikahan anak dibawah usia 19 tahun atau yang disyaratkan oleh regulasi.

"Kita juga mau memastikan perempuan,  kepala keluarga atau korban kekerasan, atau perempuan korban bencana alam harus difasilitasi untuk program wirausaha," kata Indah.

Disisi lain, memastikan dana desa telah mengalokasikan anggaran untuk program ini seperti perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat.

"Dua desa yang ditunjuk ini perlu terbentuk organisasi perempuan dan organisasi anak," katanya.

Oleh karena itu, Indah menambahkan tidak bisa sendirian hanya pemdes saja tetapi harus didukung semua pemangku kepentingan.

"PKK kita harap berperan aktif di dalamnya mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan serta desa,"

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved