Dosen Unismuh Idham Khalid Ungkap Akibat Jika Jalur Mandiri Perguruan Tinggi Tidak Dikelola Baik

Dr Idham Khalid mengungkapkan akibatnya jika Jalur Mandiri masuk perguruan tinggi negeri tidak dikelola dengan baik

Penulis: Rudi Salam | Editor: Waode Nurmin
YouTube Tribun Timur
Dosen Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar Dr Idham Khalid (tengah) dalam Diskusi Forum Dosen yang dihadirkan Tribun Timur, Kamis (25/8/2022). Forum Dosen kali ini membahas mengenai isu penghapusan jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Dr Idham Khalid juga turut berkomentar mengenai isu penghapusan Jalur Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dr Idham mengatakan, hadirnya Jalur Mandiri di suatu perguruan tinggi sebenarnya mempunyai niat yang baik.

Akan tetapi, dalam praktiknya, kata dia, Jalur Mandiri masih perlu ditata dan dikelola dengan baik.

“Kalau tidak (dikelola dengan baik) yang kuat memakan yang lemah,” kata Idham dalam Diskusi Forum Dosen yang dihadirkan Tribun Timur, Kamis (25/8/2022).

Idham berharap kasus Rektor Unila Prof Karomani yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap masuk perguruan tinggi tidak terjadi lagi.

“Perguruan tinggi ini kan benteng moral. Kita harapkan tidak terulang dan terjadi di Sulawesi Selatan,” harapnya.

Lebih lanjut, Idham juga berharap dengan jalur mandiri, kualitas pengabdian masyarakat suatu perguruan tinggi lebih meningkat.

“Seperti saya orang lapangan ini. Yang saya pahami, ada jarak antara kebutuhan masyarakat dengan hasil produk dari perguruan tinggi,” kata Idham.

“Perguruan tinggi saat ini jauh dari masyarakat. Kita berharap sistem ini (jalur mandiri) kualitas tridarma itu meningkat,” pungkasnya.

Diskusi Forum Dosen ini mengangkat tema Problem Wacana Publik Atas Tata Kelola Perguruan Tinggi dan dipandu oleh Koordinator Forum Dosen, Dr Adi Suryadi Culla.

Diskusi ini digelar di Kantor Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Kamis (25/8/2022).

Hadir secara langsung di redaksi Tribun Timur, Ketua Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 9 Andi Lukman, Pengarah dan Konsultan KKN Kebangsaan Tahun 2022 yang juga Ketua Tim Pengembangan KKN Kebangsaan Tingkat Nasional Hasrullah.

Lalu Dosen Fakuktas Teknik UMI Naidah Naing, Rektor Unifa Mulyadi Hamid, Guru Besar Fisika Unhas Prof Tasrief Surungan, dan Dosen Unismuh Idham Khalid.

Sedangkan di ruang virtual zoom, hadir Sekretaris Unhas Prof Sumbangan Badja, Rektor Universitas Cokroaminoto Prof M Tahir Kasnawi, Wakil Rektor Unibos Mas’ud Muhammadiyah, Guru Besar Kedokteran Unhas Prof Irawan Yusuf, Guru Besar Unibos Prof Dr Marwan Mas.

Kemudian Guru Besar UNM Prof Sofyan Salam, Guru Besar FKM Unhas Prof Amran Razak, Guru Besar Unhas Prof Andi Pangerang Moenta, Ekonom Unhas Prof Marsuki DEA.

Juga Epidemiolog Unhas Aminuddin Syam, Dosen Fisipol Unhas Ishak Rahman, Imran Hanafi, Mujahid Said, Asni Zubair, Rusda Ananda, Nur Lina, dan Hasan Basri.

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved