Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng

Satu Pendaki Dikabarkan Hilang Usai Ikut Perayaan HUT RI ke-77 di Gunung Bawakaraeng

Seorang pendaki mengikuti perayaan HUT RI ke-77 di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dikabarkan hilang.

Basarnas Sulsel
Tim SAR Gabungan sebelum melakukan  pencarian terhadap seorang pendaki yang dikabarkan hilang usai mengikuti perayaan HUT RI ke 77 di Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulsel, Jumat (19/8/2022). Diketahui pendaki hilang itu bernama Nhiel (38). Ia adalah anggota tim PKD Pecinta Alam se Sulsel (Mapala).     

TRIBUNGOWA.COM - Seorang pendaki mengikuti perayaan HUT RI ke-77 di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dikabarkan hilang.

Diketahui pendaki hilang itu bernama Nhiel (38). Ia adalah anggota tim PKD Pecinta Alam se Sulsel (Mapala).

Dari informasi diperoleh, sebelum hilang, rombongan pendaki lain diduga sempat bertemu Nhiel antara jalur pos 8 dan Pos 7.

"Informasi yang diterima bahwa ada rombongan pendaki lain yang turun dari Pos 10 pada Rabu, 17 Agustus 2022 sempat ketemu dia. Namun dia tetap fokus untuk naik dan rencana baru turun pada Kamis, 18 Agustus 2022," kata Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi, Jumat (19/08/2022).

Dia membeberkan operasi pencarian Nhiel telah dilakukan sejak semalam. 

Pihaknya menerjunkan sebanyak 2 Search and Rescue Unit (SRU) mencari korban. 

"Tim rescue Basarnas sudah melakukan pencarian dan potensi sar juga banyak berdatangan untuk membantu pencarian," katanya.

Dijelaskan, rencana pencarian akan menggunakan teknik ESAR yaitu ilmu SAR yang dikembangkan untuk menangani korban yang tersesat atau hilang saat melakukan penjelajahan di alam bebas

"Rencana pencarian akan menggunakan teknik ESAR, yaitu ilmu SAR yang dikembangkan untuk menangani korban yang tersesat atau hilang saat melakukan penjelajahan di alam bebas," jelasnya.

Diketahui, dalam rangka merayakan HUT RI ke-77, sebanyak 2065 pendaki berada di Gunung Bawakaraeng

Rinciannya, 1227 orang berada di Lembah Ramma.

Dan 788 orang berada di Gunung Bawakaraeng. (*)

Laporan Kontributor TribunGowa.com, Sayyid Zulfadli

 


 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved