Opini Lutfie Natsir

Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Maturitas Sistem Pengendalian Intern, menunjukkan ukuran kualitas dari sistem pengendalian intern pada suatu organisasi, semakin tinggi maturitasnya.

Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah
DOK PRIBADI
Lutfie Natsir, Pemerhati Masalah Hukum. Penulis opini Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Oleh: Lutfie Natsir
Pemerhati Masalah Hukum

TRIBUN-TIMUR.COM- Pasal 1 angka 1 Peraturan Pemerintah Nomo 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah menyebutkan yaitu : Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Tingkat Kematangan Penyelenggaraan Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dalam mencapai tujuan pengendalian intern, yang ditandai oleh eksistensi control desain yang bersifat hard control dan soft control.
Fokus Penilaian Tingkat Kematangan Keandalan Penyelenggaraan Pengendalian Intern terdiri dari 5 unsur yaitu :

1. Lingkungan Pengedalian

2. Penilaian Resiko

3. Aktifitas Pengendalian

4. Informasi dan Komunikasi

5. Pemantauan Pengendalian Intern

- Lingkungan Pengendalian adalah : Penegakan Integritas dan Etika, Komitmen Terhadap Kompetensi, Kepemimpinan yang Kondusif, Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan, Pendelegasian Wewenang dan Tanggung Jawab, Kebijakan Pembinaan Sumber Daya Manusia yang Sehat, Peran APIP yang Efektif, Hubungan Kerja yang Baik

- Penilaian Resiko adalah Identifikasi dan Analisis Resiko

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved