Opini Tribun Timur

Mewaspadai 'Jodoh' Dalam Debat Rel Kereta di Langit atau Bumi Makassar: Please Deh

Ini terlihat lewat ramainya dua orang petinggi di Sulsel dan Kota Makassar sedang mempersoalkan at-grade atau elevated.

Editor: Saldy Irawan
Mewaspadai 'Jodoh' Dalam Debat Rel Kereta di Langit atau Bumi Makassar: Please Deh
DOK PRIBADI
Mahasiswa Doktoral Sosiologi UI, Anshar Aminullah

Opini

Anshar Aminullah, Mahasiswa Doktoral Sosiologi UI

TRIBUN-TIMUR.COM - Sepertinya sebentar lagi kita akan menikmati layanan kereta api di Kota Makassar yang mempermudah perjalanan kita lintas Kabupaten dalam waktu yang lebih cepat dari biasanya.

Ini terlihat lewat ramainya dua orang petinggi di Sulsel dan Kota Makassar sedang mempersoalkan at-grade atau elevated.

Ini menandakan bahwa Pete-pete semakin mendekati masa sakratul mautnya.

Rel kereta api yang tengah dibangun di Sulawesi Selatan. Pemkot Makassar ngotot agar rel kereta api di Makassar dibuat melayang atau elevated.
Rel kereta api yang tengah dibangun di Sulawesi Selatan. Pemkot Makassar ngotot agar rel kereta api di Makassar dibuat melayang atau elevated. (ist)

Tapi perlu diingat, seandainya pun KA ini hadir di tengah-tengah kita, rasa-rasanya dia butuh waktu yang lama untuk menghapus kenangan dan romantisme angkutan kota legendaris ini. Pak Gubernur dan Pak Walikota tak salah jika berhikmat pada filosofi pete-pete.

Misalnya, mau di manapun posisi duduknya, selalu ada yang mau mengalah untuk memberi ruang, karena semua hanya berorientasi sampai ditujuan dengan selamat.

Dan semuanya kompak dengan satu bahasa yang disepakati, "kiri dallekang" untuk menghentikan laju daeng sopir.

Pelajaran lain di angkot lawas ini, Pak Gubernur dan Pak Walikota tak perlu terlalu terpengaruh suasana panas disekitarnya, tetap saja fokus pada tujuan, seperti halnya daeng Sopir pete-pete, walaupun panas tak jadi soal, yang penting alunan lagu Dangdut "kala kupandang kerlip bintang yang jauh di sana" masih setia menemani beberapa kali trip hingga selesainya masa kejar setoran. 

Pemkot dan pemprov pasti tahu, bahwa salah satu aspek yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan KA ini adalah memasukkan orientasi-orientasi sosial dalam setiap kebijakan pembangunannya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved