Pabrik Gula

Uniknya Penggilingan Perdana Tebu di Pabrik Gula Camming, Tebu Dibawa oleh Sepasang Pengantin

Proses giling ditandai dengan seremonial sederhana yang diawali dengan iring-iringan tebu manten.

Editor: Muh. Irham
Uniknya Penggilingan Perdana Tebu di Pabrik Gula Camming, Tebu Dibawa oleh Sepasang Pengantin
ist
Prosesi penggilingan perdana di Pabrik Gula Camming, Kabupaten Bone.

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Pabrik Gula Camming yang berada di bawah kewenangan PT Perkebunan Nusantara XIV pada musim giling kali ini, menargetkan memproduksi 23.000 ton gula kristal putih (GKP).

Kini, giling perdana tebu dilaksanakan di Pabrik Gula (PG) Camming, Kabupaten Bone, Jumat (5/8/2022) yang lalu.

Proses giling ditandai dengan seremonial sederhana yang diawali dengan iring-iringan tebu manten.

Para iringan batang tebu dibawa oleh pasangan berpakaian adat pengantin khas Bugis Makassar dan diikuti beberapa orang memegang tebu menuju ke cane yard (meja tebu) diiringi musik khas Sulawesi Selatan.

Acara pembukaan giling PG Camming itu dihadiri oleh Komisaris Utama, Ir Haris Yasin Limpo MM dan Komisaris Independen, Frono Jiwo serta beberapa pihak terkait.

Manajer PG Camming, Ir Hamsa melaporkan target giling tebu sebanyak 302.108 ton dengan randemen 7,81 persen dan produksi gula 23 ribu ton.

Ia berpesan kepada seluruh pimpinan, staf dan pekerja yang telibat untuk senantiasa berikhtiar dan berdoa.

Apapun hasil yang didapatkan setelah giling adalah yang terbaik. Setiap proses yang dilewati untuk diambil pelajarannya.

"Semangat pantang menyerah, PG Camming pasti bisa. Mudah mudahan dengan tema giling kita, pada kesempatan ini berakhlak dan pantang menyerah.  Insyaallah PG Camming dapat melakukan hari giling selama 125 hari," ucap Manajer PG Camming, Hamsa, Senin (8/8/2022).

SEVP Operation PTPN XIV, Andi Arwan AP menyampaikan bahwa tahun 2022 PG Camming agar memperkuat jalinan kerjasama para karyawan PG Camming, diharapkan agar produksi tersebut dicapai untuk giling tahun ini.

"Kita tidak bisa berbuat apa-apa kalau dukungan lini stakeholder kita lemah. Oleh karena itu, kita saling membangun kolaborasi yang kuat, agar PG Camming terus berupaya mencapai produksi yang ditargetkan," harapnya.

Senada dengan perkataan Komisaris Utama PTPTN XIV, Haris Yasin Limpo juga ikut berpesan bahwa pemerintah menargetkan Indonesia mencapai swasembada gula konsumsi di 2025. Pemerintah terus mendorong transformasi pada perusahaan pelat merah sektor pangan untuk mencapai target ketahanan pangan itu. Kini Kementerian BUMN fokus meningkatkan kapasitas gula kristal putih (GKP) atau gula konsumsi.

"Ada pernyataan atau perintah bapak presiden terhadap swasembada gula, otomatis dengan itu kita harus bersiap dalam rangka mewujudkan produktivitas gula nasional. Kita tidak tahu kapan bisa terwujud, tapi semua  berharap kepada kita semua yang terprogram dapat tercapai," ujarnya.

Setelah pembacaan doa, maka dilakukan pelemparan tebu manten secara simbolis ke dalam gilingan yang diawali oleh Komisaris Utama & Independen, SEVP Operation, Manajer PG Camming dan dilanjutkan oleh para undangan yang hadir. Dengan kapasitas giling sebesar 2.400 ton tebu per hari maka giling PG Camming direncanakan berlangsung selama 125 hari.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved