Opini Muh Imran Tahir

Pemetaan Bahaya Tsunami untuk Membangun Budaya Sadar Bencana

Pulau Sulawesi juga wilayah yang rawan akan kejadian tsunami baik yang bersumber dari subduksi lempeng dan sesar di Pulau Sulawesi sendiri.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur - Opini berjudul Pemetaan Bahaya Tsunami untuk Membangun Budaya Sadar Bencana 

Oleh: Muh Imran Tahir

Pengamat Meteorologi Geofisika
BBMKG Wilayah IV Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM - Pulau Sulawesi merupakan salah satu kawasan seismik aktif di Indonesia.

Peningkatan aktivitas kegempaan di kawasan ini disebabkan oleh pertemuan empat lempeng tektonik yaitu Eurasia, Indo-Australia, Pasifik dan lempeng Filipina.

Bentuk pulau sulawesi tergolong unik yang menyerupai huruf K sebagai manifestasi Pertemuan lempeng yang bersifat konvergen dengan empat buah lengan yang dikenal dengan sebutan Lengan Selatan,
Lengan Utara, Lengan Timur, dan Lengan Tenggara.

Menurut Peta Sumber dan Bahaya Gempabumi 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian PUPR, setidaknya terdapat 46 segmen sesar yang tersebar di pulau Sulawesi.

Beberapa contoh kejadian gempabumi merusak yang pernah terjadi dan menimbulkan kerusakan di wilayah Sulawesi yaitu Gempabumi Palu 1938 (M7.9), Tinambung 1969 (M6.1), Pinrang 1997 (M6.0), Kendari 2000 (M6.0), Manado 2007 (M6.5), dan Palu 2018 (M7.5).

Selain potensi gempabumi merusak, Pulau Sulawesi juga wilayah yang rawan akan kejadian tsunami baik yang bersumber dari subduksi lempeng dan sesar di Pulau Sulawesi sendiri, ataupun berasal dari sumber pembangkit yang berada di sekitar Pulau Sulawesi.

Propinsi Sulawesi Selatan adalah salah satu wilayah yang memiliki tingkat kerawanan bencana tsunami khususnya yang terletak di sepanjang pesisir selatan propinsi Sulawesi Selatan.

Wilayah Pesisir Selatan Propinsi Sulawesi Selatan merupakan wilayah yang memiliki resiko ancaman tsunami yang bersumber dari jalur Patahan Naik Laut Flores, Sumbawa, Laut Banda serta Patahan Selayar segmen barat dan timur.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved