Opini AM Yamin SE MS

Strategi Pembangunan Ekonomi Daerah

Dalam era perubahan sekarang ini yang begitu cepat dan tidak menentu akan memerlukan penanganan yang cepat dan tepat pula.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur - Opini berjudul Strategi Pembangunan Ekonomi Daerah. 

Strategi Pembangunan Ekonomi Daerah
Oleh: AM Yamin SE MS
Widyaiswara BPSDM Sulsel

TRIBUN-TIMUR.COM -Dalam era perubahan sekarang ini yang begitu cepat dan tidak menentu akan memerlukan penanganan yang cepat dan tepat pula.

Salah satu pendekatan yang dibutuhkan adalah strategi pembangunan yang adaptif dan dapat menyesuaikan dengan kondisi kekinian sekaligus mampu mewujudkan harapan-harapan masyarakat.

Pada saat yang sama pemerintah daerah dituntut untuk sanggup menyusun strategi pembangunan wilayahnya, melaksanakannya, sekaligus dapat mempertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Strategi yang dimaksud adalah untuk mengembangkan ekonomi daerah, meningkatkan daya saing daerah, mengatasi persoalan-persoalan pasar yang menghambat proses pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di daerah, untuk itu setiap daerah seyogyanya perlu merumuskan strategi pembangunan ekonomi daerahnya.

Strategi ini cukup luas dan membutuhkan pendekatan yang terpadu dan berkelanjutan terhadap masalah-masalah ekonomi daerah.

Kegiatan-kegiatan seperti peningkatan daya saing usaha daerah, peningkatan produktivitas sumber daya manusia, mengatasi masalah-masalah pengangguran, dan keterbelakangan sarana dan prasarana di daerah.

Strategi ini harus berorientasi pada keterpaduan, kesinambungan, dan kesatuan pendekatan antar bagian-bagian wilayah yang cenderung memiliki kesamaan potensi ekonomi dan kemampuan untuk berkembang yang selanjutnya biasa disebut kawasan.

Secara lebih spesifik, strategi ini harus membuat kerangka kerja untuk mengembangkan ekonomi dan sumber daya manusia yang sesuai dengan program pemerintah daerah serta sebagai dasar bagi rencana kerja operasional bagi pemerintah daerah untuk mempertajam tujuan dan sasaran dalam rencana tahunannya.

Kesuksesan dan keefektifan strategi ini tergantung kepada para pemangku kepentingan dan pemegang kebijakan di daerah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved