Sereh

8 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Salahsatunya Atasi Insomnia

Berdasarkan penelitian, tanaman bernama latin Cymbopogon citratus ini ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup komplet.

Editor: Muh. Irham
Farmizen
Tanaman serai dan manfaatnya untuk kesehatan. Salahsatu manfaat pohon serai adalah dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengatasi insomnia 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tanaman serai atau sereh banyak dujumpai di pasaran dan supermarket. Tanaman ini lebih sering dijadikan sebagai bumbu masakan.

Berdasarkan penelitian, tanaman bernama latin Cymbopogon citratus ini ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup komplet.

Serai menandung vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalium.

Tidak hanya vitamin dan mineral, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Daun, batang, dan umbi serai bisa digunakan menjadi khasiat kesehatan tubuh seperti di bawah ini.

1. Menangkal penyakit

Aktivitas senyawa antioksidan pada ramuan serai dapat memberikan manfaat berupa perlindungan dari radikal bebas, membantu dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Berkat antioksidannya pula, mengonsumi teh atau minuman mengandung serai akan bantu menjauhkan Anda dari risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas.

Baca juga: Cukup Minum Segelas Teh Serai Sebelum Tidur, Rasakan Manfaat Luar Biasa Ketika Bangun

2. Sebagai aromaterapi pengusir nyamuk

Serai juga juga diketahui dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan Timur Tengah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved