Kesehatan

5 Cara Mudah Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Kadar kolesterol LDL tinggi tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, kolesterol tinggi menjadi faktor utama penyakit jantung. 

Editor: Muh. Irham
int
Kadar kolesterol tinggi dapat memicu berbagai penyakit mematikan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, di antaranya rajin berolahraga dan tidak merokok 

TRIBUN-TIMUR.COM - Salah satu masalah kesehatan serius yang sering menghantui adalah kolesterol. Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, rentan terkena penyakit mematikan seperti serangan jantung.

Dalam ilmu kesehatan, kolesterol terbagi menjadi dua yakni kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL)  dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Kadar kolesterol LDL tinggi tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, kolesterol tinggi menjadi faktor utama penyakit jantung. 

Mengutip dari Healtline, saat kadar kolesterol terlalu tinggi akan menumpuk di dalam pembuluh darah dan membentuk plak. 

Baca juga: Kenali 3 Gejala Seseorang Alami Kolesterol Tinggi di Sekitar Mata

Baca juga: Deretan Buah Enak yang Efektif Turunkan Kolesterol Jahat dalam Darah

Plak tersebut akan mengeras dan mempersempit arteri dan menganggu aliran darah dalam tubuh.  Kadang plak bisa pecah dan bekuan darah bisa terbentuk di lokasi cedera.

Jika gumpalan darah itu bersarang di arteri koroner di otot jantung bisa menghalangi aliran darah dan menyebabkan serangan jantung

Bekuan darah juga bisa berjalan ke pembuluh darah yang memberi makan otak. Jika itu mengganggu aliran darah ke otak bisa menyebabkan stroke. 

Cara menurunkan kolesterol 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah dengan diet, olahraga, dan merubah gaya hidup.  Berikut 5 tips yang bisa membantu menurunkan kolesterol 

1. Mengadopsi pola makan baru 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved