Breaking News:

UMKM Sulsel

PNM Dorong Pertumbuhan UMKM di Sulsel di Tengah Pandemi Covid-19

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia. PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 4,1 triliun.

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Sukmawati Ibrahim
ari maryadi/tribun timur
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar jumpa pers di Cafe Panbakers Jalan Gunung Latimojong Kota Makassar Selasa (8/2/2022).   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia. 

Sampai saat ini, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 4,1 triliun.

Rinciannya Rp 3 triliun kepada nasabah PNM Mekaar dan 1,1 triliun untuk nasabah PMM ULaMM kepada 332,675 nasabah yang dilayani oleh 92 kantor layanan.

Pemimpin Cabang PNM Makassar, Maimun Bakri menjelaskan, PNM tak hanya memberikan modal untuk membantu usaha para pelaku UMKM Sulawesi Selatan.

Tetapi juga memberikan pelatihan dan jaringan usaha diantara nasabah PNM

Ketiga modal tersebut terus berlangsung hingga saat ini, di tengah pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

“Kami berikan tiga modal untuk ibu-ibu nasabah Sulawesi Selatan, yaitu modal finansial, modal intelektual, dan modal sosial," katanya dalam jumpa pers di Cafe Panbakers Jalan Gunung Latimojong Makassar Selasa (8/2/2022).

Ia menjelaskan, ketiga modal ini diantaranya adalah pertama, modal finansial dengan memberikan pembiayaan. 

Kedua, modal intelektual dengan memberikan pendampingan dan program pemberdayaan melalui pelatihan, knowledge sharing, berbagi informasi, hingga mendatangkan ahli dari kalangan akademisi dan praktisi untuk memberikan pelatihan. 

Ketiga, modal sosial dengan memberikan fasilitas membangun hubungan antar-nasabah sehingga membentuk jaringan usaha kolektif untuk mempercepat pertumbuhan usaha nasabah..

Pendampingan dan pemberdayaan nasabah PNM di Sulawesi Selatan melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) sudah dilakukan 300 kali selama tahun 2021.

Seperti klasterisasi sektoral olahan hasil laut, kerajinan tangan, industri makanan untuk ibu-ibu nasabah di Sulawesi Selatan dalam rangka membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para nasabah PNM, sebagai bentuk komitmen PNM untuk terus mendorong pemberdayaan UMKM.

Selain itu, PNM menargetkan adanya 100 Kampung Madani terbentuk pada tahun 2022 di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan. 

Kampung Madani merupakan program untuk desa agar mendorong potensi lokal agar dikenal oleh khalayak dan mandiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved