Breaking News:

Opini Tribun Timur

BMKG Tingkatkan Sarana Mitigasi Risiko Gempa Bumi dan Tsunami di Sulsel

Badan Meteorologi Klimatologi dan Gofisika (BMKG) sebagai institusi negara memiliki tugas dan fungsi dalam mengamati-menganalisis-menginformasikan

Editor: Sudirman
Muh Imran Tahir
Muh Imran Tahir, S.Si PMG Ahli BBMKG Wilayah IV Makassar 

Muh Imran Tahir, S.Si

PMG Ahli BBMKG Wilayah IV Makassar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Gofisika (BMKG) sebagai institusi negara memiliki tugas dan fungsi dalam mengamati-menganalisis-menginformasikan fenomena cuaca dan kegempaan untuk kepentingan masyarakat.

Terkait kegempaan di wilayah Sulawesi Selatan, Pusat Gempa Regional IV (PGR IV) Makassar adalah salah satu unit teknis Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar di daerah yang menjadi sumber resmi mewakili BMKG Pusat menjelaskan detil informasi besaran kekuatan, waktu kejadian, dan posisi pusat gempa bumi, serta efek-efek yang ditimbulkan.

Beberapa program prioritas BMKG pada tahun 2020 – 2021 yang berorientasi meningkatkan sarana mitigasi risiko gempa bumi dan tsunami.

Pada wilayah Sulawesi Selatan telah terpasang beberapa perangkat sensor observasi gempa dan perangkat diseminasi, telah terlaksana sekolah lapang gempa bumi, kemudian juga telah dilakukan survey penentuan
tempat evakuasi gempa dan tsunami baik sementara maupun permanen.

Program prioritas tahun 2020 – 2021 BMKG yang telah terealisasi untuk peningkatan sarana mitigasi risiko
gempa-tsunami di provinsi Sulawesi Selatan antara lain 15 stasiun gempa untuk penguatan jaringan observasi gempa bumi.

WRS DVB 7 unit dan WRS N Gen 9 Unit yang terpasang dan operasional di UPT BMKG maupun institusi lain untuk penguatan publikasi info-info gempa bumi dan tsunami.

Sekolah Lapang Geofisika (SLG) diselenggarakan di Bulukumba tahun 2020 dan di Masamba tahun 2021 untuk edukasi kepada masyarakat agar memahami tentang mitigasi gempa bumi dan tsunami.

Kemudian tahun 2021, program survey penentuan tempat evakuasi dari bahaya tsunami di Kabupaten Bulukumba di kecamatan Bulukumba dan Bontobahari; Kabupaten Bantaeng di Kecamatan Bantaeng dan Bisappu; dan terakhir di Kabupaten Jeneponto di Kecamatan Binamu, Bangkala, dan Arungkeke.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved