Breaking News:

Opini Tribun Timur

Bahasa Arab Dalam Peradaban Bugis Makassar

Bahasa Arab bagi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) seumpama cabe. Serasa berat di lidah namun memberikan kenikmatan pada suatu paket santapan.

Editor: Sudirman
dok.tribun
Dosen Departemen Asia Barat FIB Unhas, Supratman Supa Athana PhD, (kiri bawah) bersama tim penguji lainnya saat menguji seorang mahasiswa S3 UGM, Jumat (17/9/2021). Mahasiswa ini menulis disertasi tentang Arbain dan Hussein. 

Oleh: Dr Supratman Supa Athana

Dosen Departemen Sastra Asia Barat FIB-Unhas

Bahasa Arab bagi masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) seumpama cabe. Serasa berat di lidah namun memberikan kenikmatan pada suatu paket santapan.

Bahasa Arab sangat berat memang di lidah masyarakat Sulsel namun sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Sulsel.

Begitu menyatunya dengan kehidupan masyarakat Sulsel hingga tidak disadari keberadaanya dalam kehidupan masayarakat Susel.

Sekedar contoh tidak banyak orang yang menyadari bahwa nama kota Makassar bersumber dari kosa kata Arab, atau paling tidak dapat dirujukkan pada frase bahasa Arab sebagaimana disampaikan oleh seorang cendikiawan sekaligus ulama Indonesia yaitu ; ما كسر (Ma-kassar) atau ما قصر ( Ma-qassar). Yang pertama berarti 'tidak pecah atau solid' dan yang kedua berarti ‘tidak kekurangan’.

Bahasa Arab memberikan spirit dan nuansa yang tidak saja indah tetapi juga penuh dengan makna bagi kehidupan masyarakat Sulsel.

Arti penting bahasa Arab bagi masyarakat sulsel terurai sebagai berikut; 1. Bahasa Arab menjadi landasan dan spirit bagi budaya dan kearifan lokal masyarakat Sulsel.

Budaya dan kearifan lokal yang paling fundamental sebagai tuntunan dan pedoman hidup bagi masyarakat Bugis Makassar dalam setiap aktivitas yang dilakukannya untuk menunjukkan suatu sikap, tindakan dan ucapan yang bermartabat maka hal tersebut harus berlandaskan norma dan sistem yang disebut dengan ‘Pangaderang’.

Tidak sedikit cendekiawan dan ulama yang berpendapat bahwa kata ‘pangadereng’ berasal dari kata ‘ade’.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved