Aksi 212

Alasan Keluarga Alvin Faiz - Almarhum Ameer Azzikra Tolak Reuni Aksi 212, Polisi Keluarkan Ancaman

Acara reuni Aksi 212 akan digelar pada Kamis (2/12/2021). Aksi 2 Desember atau yang disebut juga Aksi 212 dan Aksi Bela Islam III terjadi 2 Desember

Editor: Edi Sumardi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Umat Islam mengikuti reuni Aksi 212 di Kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (2/12/2018). 

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM - Acara reuni Aksi 212 akan digelar pada Kamis (2/12/2021).

Aksi 2 Desember atau yang disebut juga Aksi 212 dan Aksi Bela Islam III terjadi pada 2 Desember 2016 di Jakarta, tepat 5 tahun lalu.

Beredar surat balasan dari Yayasan Az Zikra, yayasan yang dikelola keluarga mendiang dai kondang Ustadz Arifin Ilham dan pesohor, Alvin Faiz yang menolak kegiatan reuni Aksi 212 digelar di area Masjid Az-Zikra yang berlokasi di Bukit Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Surat balasan tersebut merupakan jawaban yang diberikan pihak Yayasan Az Zikra dari permohonan surat yang dikirim oleh pihak panitia Reuni Akbar 212 dengan No. 007/RA.212/SP/XI/2021 tanggal 29 November 2021.

Dalam surat balasan itu berisi, pihak Yayasan Az Zikra menolak atau tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan pihak eksternal.

"Sebab, saat ini masih susanan berduka atas wafatnya Ustaz Muhammad Ameer Adz Zikro, putra kedua dari Almarhum KH Muhamamad Arifin Ilham, atas permintaan dari pihak keluarga (Ummi Yuni AI Waly) - ibunda dari Ustaz Muhammad Ameer Adz Dzikro, serta Nasil Musyawarah bersama antara Dewan Syariah, Dewan Pembina dan Dewan Pengawas Yayasan Az Zikra, maka diputuskan untuk sementara waktu Majelis Az Zikra tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan oleh pihak eksternal," mengutip surat balasan yang dikirimkan Yayasan Az Zikra untuk panitia Reuni Akbar 212, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Kabar Tak Baik dari Munarman Tokoh Aksi 212 dan Eks Sekum FPI Era Habib Rizieq Shihab

Ketua Yayasan Az Zikra, H Khotib Kholil dalam keterangan tertulis yang diterima awak media menyebut pihaknya saat ini tidak menerima kegiatan apa pun.

Keputusan tersebut juga berdasarkan hasil musyawarah bersama antara Dewan Syariah, Dewan Pembina dan Dewan Pengawas Yayasan Az Zikra.

"Atas hal itu, maka diputuskan untuk sementara waktu Majelis Az Zikra tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan oleh pihak eksternal," ujar Kholil.

Bupati Bogor, Ade Yasin juga mengaku telah menerima surat dari pihak Azzikra terkait pembatalan kegiatan reuni 212. "Saya mendapat surat dari pihak Azzikra bahwa pihak Azzikra tidak melaksanakan kegiatan reuni yang dimaksud," ujarnya di sela kunjungannya ke lokasi Hunian Tetap (Huntap) di Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Ade Yasin menjelaskan, suasana berduka menjadi salah satu faktor tidak diselenggarakannya reuni 212 yang rencananya digelar Kamis 2 Desember 2021."Rencana kegiatan itu dibatalkan, karena kan sedang dalam kondisi berduka," tegasnya.

Lebih lanjut, Ade Yasin meminta agar semua pihak tidak ada lagi yang datang untuk menghadiri rencana reuni Aksi 212 pada esok hari( Kamis). Sebab, tambah Ade Yasin, rencana kegiatan tersebut batal dilaksanakan.

"Saya mengimbau untuk tidak dilaksanakan, jadi sudah ada surat tadi masuk bahwa memang tidak jadi dilaksanakan kegiatannya," ujar Ade Yasin.

Terpisah, pihak PA 212 saat dikonfirmasi mengaku masih membahas terkait lokasi reuni menyusul Yayasan Az Zikra yang enggan menerima kegiatan apa pun di tempatnya. "Saat ini sedang dibahas," kata Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved