Breaking News:

Headline Tribun Timur

Presiden Jadi Sopir Traktor di Jeneponto

Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jeneponto, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan mengendarai traktor

Editor: Suryana Anas
Dok Kementan RI
Presiden Jokowi saat mencoba mesin traktor khusus penanaman jagung di Kabupaten Jeneponto, Sulawsai Selatan, Selasa (23/11/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, JENEPONTO - Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jeneponto, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan mengendarai traktor untuk menanam jagung Hal itu dilakukan Jokowi saat bercocok tanam dengan petani sekitar.

Jokowi tiba di lokasi untuk menanam jagung sekitar pukul 13.38 wita didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan disambut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang sudah lebih dulu tiba di lokasi.

Usai meninjau panel, Presiden langsung menuju lahan pertanian bersama sejumlah petani. Presiden pun mulai mendorong alat tanam jagung (corn planter) dan diikuti oleh para petani secara serentak.

Usai menanam benih jagung sepanjang kurang lebih 100 meter dengan planter, Jokowi kemudian menaiki traktor yang telah terparkir di lokasi. Hal itu dilakukan Jokowi setelah mendapat saran dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Tadi saya juga kan baru hari ini saya bisa pegang traktor dan sangat mudah sekali. Tadi saya diajari sebentar oleh Pak Menteri Pertanian,” kata Jokowi dalam jumpa pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (23/11/2021).

Dalam video itu Jokowi terlihat mengendarai traktor.

Awalnya, ia didampingi Syahrul. Setelah cukup mahir, Jokowi mengendarai traktor sendiri.

Di belakang traktor yang ditunggangi Jokowi ada mesin penanam benih jagung otomatis atau planter. Mesin itu menanam bibit di sepanjang jalur yang dilewati Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu merasa penanaman bibit menggunakan traktor jauh lebih efisien. Ia berharap metode ini bisa dipakai oleh seluruh petani di Indonesia.

“Memakai traktor, cepat sekali. Saya kira mekanisasi seperti ini juga perlu dikenalkan kepada seluruh petani agar penggunaan alat-alat semiberat seperti ini bisa juga dilakukan,” ujarnya.

Bercocok tanam bersama petani jadi salah satu rangkaian kunjungan kerja Jokowi di Provinsi Sulawesi Selatan.

Selengkapnya, silakan baca melalui Harian Tribun Timur edisi Rabu 24 November 2021.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved