Breaking News:

HUT ke 701 Gowa

Kini Berusia 701, Berikut Sejarah Singkat Kabupaten Gowa

Peringatan Hari Jadi Gowa (HJG) ke-701 diselenggarakan dengan rapat paripurna di Halaman Kantor Bupati Jl Mesjid Raya, Sungguminasa

TRIBUN-TIMUR.COM/SAYYID ZULFADLI SALEH WAHAB
Peringatan Hari Jadi Gowa (HJG) ke-701 di Halaman Kantor Bupati Gowa Jl Mesjid Raya, Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (17112021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Peringatan Hari Jadi Gowa (HJG) ke-701 diselenggarakan dengan rapat paripurna di Halaman Kantor Bupati Jl Mesjid Raya, Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,  Rabu (17/11/2021)

Sebelum rapat paripurna dibuka,  H. Syahrir Rajab Dg Ruru membacakan sejarah Kabupaten Gowa.

Berikut kutipan sejarah Kabupaten Gowa

Sekilas Sejarah Gowa Di belahan bumi Timur tersebutlah Gowa sebagai salah satu daerah dari 23 Kabupaten di Sulawesi Selatan dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia .  

Sebelum terbentuk menjadi Kabupaten, Gowa di masa last adalah kerajaan yang diperintah oleh seorang Raja bergelar "Sombaya Ri Gowa".  

Sejarah perkembangan Gowa telah melampaui dua masa yang berbeda dalam bentuk pemerintahannya, yakni masa kerajaan dan masa kemerdekaan yang keduanya menjadi momentum sejarah yang mengandung makna dan sumber jati diri dalam pemerintahan Gowa.  

701 Di hari ulang tahun Gowa yang ke 699, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa mengenang kembali perjuangan dan budaya bangsanya yang tertuang dalam catatan sekilas sejarah Gowa.

Masa Kerajaan Pada Tahun 1320 Kerajaan Gowa terwujud atas persetujuan 9 kelompok kaum yang disebut kasuwiang-Kasuwiang atau merupakan Kerajaan Kecil terdiri dari :

1. Kasuwiang Tombolok
2. Kasuwiang Lakiung 
3. Kasuwiang Saumata 
4. Kasuwiang Parang-Parang 
5. Kasuwiang Data' 
6.  Kasuwiang Agangjekne 
7. Kasuwiang Bisei 
8. Kasuwiang Kalling 
9. Kasuwiang Sero'

Dari kesembilan kasuwiang di bawah pengawasan seorang Paccalaya (Ketua Hakim Pemisah) memesan untuk mengangkat Raja Pertama Gowa yang bernama Tumanurung.  

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved