Breaking News:

UNM

13 Tim Peneliti LPM Penalaran UNM Ikuti Seminar Hasil Penelitian PMP-OMK XXIV

LPM Penalaran Univeritas Negeri Makassar menggelar Seminar Hasil Penelitian PMP-OMK XXIV

Editor: Suryana Anas
LPM Penalaran UNM
LPM Penalaran Univeritas Negeri Makassar menggelar Seminar Hasil Penelitian PMP-OMK XXIV pada 14 November 2021 di Ruangan FI 106-107 dan PPG Geografi FMIPA UNM. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - LPM Penalaran Univeritas Negeri Makassar menggelar Seminar Hasil Penelitian PMP-OMK XXIV pada 14 November 2021 di Ruangan FI 106-107 dan PPG Geografi FMIPA UNM.

Selama 20 hari, ke-13 Tim Peneliti telah melakukan penelitian lapangan sesuai dengan judulnya masing-masing hingga menghasilkan sebuah KTI Penelitian.

Peserta juga mendapatkan mentoring langsung oleh mentor dan panitia pengarah.

Seminar hasil ini bertujuan untuk menyeminarkan hasil dari penelitian lapangan yang telah dilakukan oleh 13 tim peneliti dengan berbagai tema yang berbeda.

13 tim peneliti tersebut terbagi atas lima skim penelitian yaitu penelitian skim sains, skim sosial, skim sosial-ekonomi, skim teknologi dan skim pendidikan.

Terdapat 5 judul penelitian skim pendidikan, diantaranya Analisis Tingkat Kemampuan Public Speaking Anggota OSIS SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas VI SD dalam Menyelesaikan Operasi Hitung pada Pecahan, Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA Negeri 14 Makassar, Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Materi Kinematika Kelas X di SMAN 9 Gowa, dan Respon Afektif Siswa Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di SMPN 1 Makassar.

Sementara 3 judul penelitian skim sosial, diantaranya Makna Keterlibatan Kerja Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Dalam Berorganisasi, Motivasi Mahasiswa Semester Tiga Universitas Negeri Makassar Ikut Serta dalam Organisasi, dan Vaccine Refusal Covid-19 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Terdapat pula 2 judul penelitian skim ekonomi, diantaranya Hubungan Minat Berwirausaha dengan Personal Branding Generasi Millenial Kota Makassar dan Analisis Dampak Covid-19 pada Sosial Ekonomi Pedagang Kaki Lima di Jalan Sultan Alauddin Kota Makassar.

Kemudian 2 judul skim sains, diantaranya Pengaruh Variasi Pengolahan Kulit Kentang (Selanium tuberosum) Terhadap Kadar Zat Besi dan Identifikasi Zona Daerah Rawan Banjir DAS Balease Kabupaten Luwu Utara Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG).

Terdapat pula 1 judul penelitian skim teknologi yakni Respon Mahasiswa Terhadap Syam-OK sebagai E-learning Selama Pandemi Covid-19.

Hasil penelitian yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi pertama dari skim sosial-ekonomi yakni Kelompok 4 dengan judul Motivasi Mahasiswa Semester Tiga Universitas Negeri Makassar Ikut Serta dalam Organisasi. Muhammad Fikri Haikal Putra selaku Ketua Tim mengaku tidak menyangka dan tentunya bahagia bisa menjadi kelompok terbaik 1 skim sosial ekonomi.

“Telah sampai pada tahap ini, saya bangga dengan diri saya karena melihat saya salah satu angkatan termuda (Maba angkatan 2021) yang dapat bertahan sedangkan banyak teman-teman yang belum bisa sampai pada tahap ini. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan semoga penelitian kita bisa sampai ke kompetisi internasional,” ujarnya dalam rilis yang diterima Tribun.

Muhammad Zulfadhli selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan bahwa Semoga setelah kegiatan ini, peserta bukan hanya menjadikan ini sebagai laporan akhir dari pelatihan metodologi penelitian saja, tetapi mampu mengimplementasikan langsung kepada masyarakat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved