Breaking News:

Timor Leste

7 Tahun Terakhir, Ribuan Warga Timor Leste Berbondong-bondong ke Australia, Rupanya Ini yang Dicari

Selama tujuh tahun terakhir, sekitar 2.000-an warga Timor Leste berbondong-bondong ke Australia mengikuti Program Kerja Musiman

Editor: Muh. Irham
Kompas.com
Penduduk Timor Leste 

TRIBUN-TIMUR.COM - Ada fenomena baru di negara miskin Timor Leste belakangan ini. Ribuan warganya keluar dari negara tersebut dan menyeberang ke Australia untuk mencari pekerjaan.

Selama tujuh tahun terakhir, sekitar 2.000-an warga Timor Leste berbondong-bondong ke Australia mengikuti Program Kerja Musiman.

Dilansir dari The Conversation, diimping-imingi bekerja selama enam bulan di Australia, penduduk Timor Lestie disebut bisa mengirim uang ke keluarganya antara US$4.000 dan US$8.000.

Fakta mengenai upah yang didapat oleh mereka meski sebagai buruh kasar tersebut jauh dibanding dengan upah yang didapan bila bekerja di kampung halaman.

Diketahui upah minimum Timor adalah US$115 per bulan, sementara sebagian besar penduduk tidak dalam pekerjaan formal.

Oleh karena itu tak sedikit orang Timor Leste memilih bekerja di luar negeri, termasuk mengikuti Program Pekerja Musiman Australia rupanya bisa menjadi 'penolong' mereka.

"Dalam satu hari [di rumah], saya mendapat $10. Di Australia, saya bekerja dari jam 07.30 sampai jam 4 [dan] saya mendapat $200," kata Calastino Dalman, salah satu pekerja Timor Leste di Australia, dikutip ABC News.

Pekerja berketerampilan rendah dari Timor-Leste dan sembilan negara Pasifik dapat mengisi pekerjaan di bidang pertanian ketika tidak ada cukup orang Australia untuk memenuhi permintaan musiman.

Program itu juga bertujuan membantu perkembangan ekonomi negara-negara peserta, sementara bagi Australia, itu dapat mengatasi kekurangan tenaga kerja pertanian yang akut.

Ternyata Program Pekerja Musiman tersebut begitu berarti bagi orang-orang Timor Leste.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved