Breaking News:

Kesehatan

Turunkan Kadar Kolesterol dengan 4 Olahraga Ini

 Tingkat kolesterol yang tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, stroke dan penyumbatan arteri

Editor: Muh. Irham
TRIBUN TIMUR/ MUH ABDIWAN
Sejumlah warga Makassar berolahraga di jogging track lapangan Karebosi Makassar, Jumat (5/8/2016) 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tingkat kolesterol yang tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, stroke dan penyumbatan arteri. Kabar baiknya, semua risiko tersebut bisa kita atasi dengan rutin olahraga.

"Olahraga adalah langkah awal yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat," kata ahli jantung Leslie Cho. Olahraga efektif menghilangkan kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik untuk tubuh.

Menurut American Heart Association, kolesterol tinggi disebabkan oleh kurang olahraga dan kelebihan berat badan. Dengan rutin olahraga, berat badan pun jadi ideal sehingga kadar kolesterol di tubuh seimbang.

Beberapa jenis olahraga yang ampuh turunkan kolesterol antara lain:

1. Jalan cepat atau jogging

Mulailah dengan berjalan santai di sekitar rumah Anda, lalu berjalan lebih jauh atau melakukan lari kecil.

Selain itu, rutin jalan cepat atau jogging juga membantu menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Jalan cepat juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang turut membantu menurunkan risiko berbagai jenis kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tunuh.

2. Bersepeda

Bersepeda dapat membakar kalori sebanyak jogging. Agar hasilnya maksimal, gunakan sepeda berukuran tepat dan nyaman. Bersepeda juga memperkuat otot jantung , menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak darah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved