Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Barang Ilegal Senilai Rp 1 Miliar di Luwu Timur Dimusnahkan

Jutaan batang rokok ilegal dan puluhan botol minuman mengandung Etil Alkohol (MMEA) dimusnahkan di Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC)

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Sudirman
TRIBUN-TIMUR.COM/IVAN
Jutaan batang rokok ilegal dan puluhan botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) dimusnahkan di Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Malili, Senin, (8/11/2021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Jutaan batang rokok ilegal dan puluhan botol minuman mengandung Etil Alkohol (MMEA) dimusnahkan di Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Malili, Senin, (8/11/2021).

Barang kena cukai (BKC) yang dimusnahkan hasil penindakan triwulan keempat sejak Oktober 2020 hingga Oktober 2021.

Sebanyak 1,2 juta batang rokok dan 10 botol MMEA.

Barang ilegal senilai Rp 1 miliar lebih ini dimusnahkan dengan cara dibakar di Halaman KPPBC Malili, Desa Balantang, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Kantor KPPBC Malili, Firman Bunyamin mengatakan, pada 2021 telah disita dan dimusnahkan satu juta lebih batang rokok dengan berbagai merek dan 10 botol minuman beralkohol.

"Jika ditotal nilai barang yang dimusnahkan sebanyak Rp 1.230.000.000 dan negara dirugikan Rp 800 juta lebih," ujarnya.

"Ini hasil penindakan triwulan ke IV tahun 2020 sampai Oktober 2021," kata Firman dalam pemusnahan itu.

Barang ilegal ini disita setelah petugas Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Malili melakukan operasi di Kabupaten Tana Toraja , Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Beacukai berkolaborasi dengan aparat TNI, Polres, dan Satpol PP yang berada di sejumlah kabupaten/kota yang masuk wilayah kerja KPPBC Tipe Madya Pabean C Malili.

Selama 2021, Bea Cukai Malili juga telah melakukan satu kali penyidikan di bidang cukai atas penyeludupan rokok ilegal sebanyak 24 dos dengan total 96 000 batang rokok tanpa dilekati pita cukai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved