Breaking News:

BLK Bantaeng

Pastikan Alumni Pelatihan Dapat Kerja, BLK Bantaeng Gandeng PT Hadji Kalla

Kerja sama ini terkait perekrutan, seleksi peserta, penempatan on the job training (OJT) dan penempatan kerja bagi alumni pelatihan BLK Bantaeng.

Penulis: Hutami Nur Saputri | Editor: Suryana Anas
BLK Bantaeng
Kepala BLK Bantaeng Ashari Arifuddin dan Disa R. Novianty Direktur PT. Hadji Kalla melakukan penandatanganan kesepahaman kerja sama. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan baru saja menjalin kerja sama dengan PT Hadji Kalla (Holding Company).

Kerja sama yang dijalin ini terkait perekrutan, seleksi peserta, penempatan on the job training (OJT) dan penempatan kerja bagi alumni pelatihan BLK Bantaeng.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut berlangsung di Gedung Wisma Kalla Lantai 13, Jalan DR Sam Ratulangi Makassar, pada Kamis (28/10/2021).

Surat perjanjian kerja sama ditandatangani langsung oleh Kepala BLK Bantaeng Ashari Arifuddin mewakili BLK Bantaeng sebagai pihak pertama dan Disa R. Novianty Direktur PT Hadji Kalla sebagai pihak kedua.

Penandatanganan perjanjian kerja sama berlangsung di Gedung Wisma Kalla Lantai 13, Jalan DR Sam Ratulangi Makassar, Kamis (28/10/2021).
Penandatanganan perjanjian kerja sama berlangsung di Gedung Wisma Kalla Lantai 13, Jalan DR Sam Ratulangi Makassar, Kamis (28/10/2021). (BLK Bantaeng)

Ashari Arifuddin mengatakan dalam kerja sama tersebut ada beberapa poin yang tertuang bahwa berdasarkan nota kesepahaman bersama No.2/118/hk.07.01/III/2021 dan No.A-015/HK-PP/III/2021 antara Direktorat Jenderal Pembina Pelatihan dan produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan  PT. Hadji Kalla (Holding Company) tentang peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan berbasis kompetensi, sertifikat dan penempatan tanggal 19 Maret 2021 (Nota Kesepahaman).

"Selain itu, pihak pertama sebagaimana penjelasan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan  Transmigrasi RI No.7/2021 adalah tempat diselenggarakannya proses pelatihan kerja bagi peserta pelatihan sehingga mampu menguasai suatu jenis dan tingkat kompetensi kerja tertentu untuk membekali dirinya dalam memasuki pasar kerja dan/atau usaha mandiri mampu sebagai tempat pelatihan untuk  meningkatkan  produktivitas kerjanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya,"ujar Ashari.

Baca juga: BLK Bantaeng Raih Sertifikat ISO 9001 : 2015 di Bidang Sistem Manajemen Mutu

Lebih lanjut Ashari Arifuddin menjelaskan bahwa pihak kedua adalah perusahaan induk yang membawahi beberapa perusahaan lain yang berada dalam satu grup perusahaan diantaranya, bergerak dibidang sektor perdagangan, otomotif, konstruksi, properti, transport darat, laut dan udara, sektor energi, dan logistik.

"Maka dari itu, menindaklanjuti Pasal 3 ayat (1) nota kesepahaman, maka para pihak sepakat untuk mengatur lebih lanjut pelaksanaan nota kesepahaman yang dimaksud. Kerja sama yang dijalin ini, bertujuan agar bagaimana kedepan para alumni BLK Bantaeng mendapatkan kepastian penempatan kerja," tambahnya.

Kerjasama yang dijalin ini terkait perekrutan, seleksi peserta, penempatan on the job training (OJT) dan penempatan kerja bagi alumni pelatihan BLK Bantaeng.
Kerja sama yang dijalin terkait perekrutan, seleksi peserta, penempatan on the job training (OJT) dan penempatan kerja bagi alumni pelatihan BLK Bantaeng. (BLK Bantaeng)

Ia juga menambahkan di BLK Bantaeng, selain mendapatkan keterampilan dan sertifikasi, lulusan BLK juga mendapatkan kepastian penempatan kerja.

Untuk mewujudkan itu, BLK diperkuat dengan berbagai jalinan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri salah satunya PT. Hadji Kalla (Holding Company) ini.

"Kami tidak ingin BLK ini melahirkan pengangguran, akan tetapi selain mampu membuka lowongan pekerjaan sendiri melalui kompetensi dibidang yang dimiliki, mereka juga dapat terserap di dunia usaha dan industri,"tutupnya.

Baca juga: ASN BLK Bantaeng Ramaikan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved