Breaking News:

BPN

Serahkan 7.689 Sertipikat di Maros, Kanwil BPN Sulsel Bambang Priono: Negara Beri Kepastian Hukum

Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Sulawesi Selatan melanjutkan pemberian setipikat gratis.

Editor: Muh Hasim Arfah
handover
Kepala Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Priono bersama Bupati Kabupaten Maros Chaidir Syam menyerahkan 7.689 sertipikat tanah di Kabupaten Maros, Kamis (21/10/2021) siang. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Kepala Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Priono bersama Bupati Kabupaten Maros Chaidir Syam menyerahkan 7.689 sertipikat tanah di Kabupaten Maros, Kamis (21/10/2021) siang.

Hadir Ketua DPRD Kabupaten Maros Andi Patarai Amir dan Farkopimda Kabupaten Maros serta perwakilan penerima sertifikat.

Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Priono menyampaikan bupati dan ketua DPRD Kabupaten Maros telah membantu kegiatan Kantor Pertanahan di Kabupaten Maros.

Bambang berpesan kepada penerima sertipikat untuk menggunakan bukti kepemilikan ini sangat kuat dan mempunyai kepastian hukum.

“Yang selama ini istilah saya sebelum bidang tanah yang bapak kuasai, bapak miliki, bapak gunakan, itu ibaratnya bapak dengan tanah itu masih kumpul kebo karena belum sah dan belum diresmikan oleh pemerintah,” katanya.

Bambang menegaskan bahwa sekarang negara hadir untuk memberi kepastian hukum kepada penerima sertipikat.

Baca juga: BPN Ungkap Status Lahan Nurdin Abdullah di Pucak

Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Kantor wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bambang Priyoni, Selasa (19/10/2021) siang. (Foto Humas BPN Sulsel)
Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Kantor wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bambang Priyoni, Selasa (19/10/2021) siang. (Foto Humas BPN Sulsel) (tribun-timur)

“Semoga penyerahan sertipikat ini dapat menjadi berkah dan berguna bagi banyak orang,” harapnya.

Data yang diperoleh dari Humas Kanwil ATR/BPN Sulsel, sertipikat yang dibagi antaralain; Kegiatan Refostribusi Tanah 1000 sertipikat, UKM 200 Sertipikat, dan Pendaftaran Tanah Siatematis Lengkap (PTSL) 6.489 Sertipikat. 

Sejak beberapa tahun terakhir Presiden Joko Widodo memberikan target khusus bagi jajarannya di Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk dapat menerbitkan sertifikat dalam jumlah yang sangat besar tiap tahunnya.

Tahun 2017 lalu, saat program percepatan ini berjalan, BPN telah menerbitkan sebanyak 5,4 juta sertifikat.

Jumlah yang jauh melampaui tahun-tahun sebelumnya dengan hanya kurang lebih 500 ribu sertifikat per tahunnya.

Baca juga: Kepala Kanwil BPN Sulsel Bambang Priyono Diberi Penghargaan di HUT Sulsel ke-352

Semakin beranjak tahun, target dan realisasi penerbitan sertifikat juga semakin meningkat.

Misalnya di tahun 2018 dengan 9,3 juta sertifikat dan sebanyak 11,2 juta sertifikat di tahun 2019.

Adapun pada tahun 2020, disebabkan oleh pandemi, realisasi masih tetap mampu membukukan angka 6,8 juta sertifikat.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved