Breaking News:

Opini Aswar Hasan

MAULID NABI MUHAMMAD SAW: Memuliakan Nabi Tanpa Mengultuskannya

Maulid adalah syiar Islam sebagai momen refleksi kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW tanpa harus terjebak untuk mengkultuskannya.

Editor: AS Kambie
Dok Pribadi Aswar Hasan
Dr Aswar Hasan, Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol Unhas 

MEMULIAKAN NABI TANPA MENGKULTUSKANNYA
Oleh Aswar Hasan
Anggota ICMI Sulsel, Wakil Sekertaris BPH Al Markaz Al Islami dan Dosen Fisipol Unhas,Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang dipuji Akhlaknya Oleh Allah SWT dalam Firman-Nya; “Wa innaka la'alā khuluqin ‘aẓīm” artinya: Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang baik.'' (QS Al-Qalam [68]: 4).

Ayat ini menegaskan kepribadian Nabi Muhammad dengan sifat-sifat yang paling baik dan paling mulia. Pada diri beliau terkumpul akhlak terpuji dringan kepribadian yang terbaik yang ada pada manusia.

Allah pun bersama para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi Muhammad,SAW (QS. Al Ahzab:56).

Ketika Aisyah RA ditanya mengenai akhlak beliau, dia menjawab: “Sesungguhnya Akhlak beliau adalah Al-Quran. Nabi Muhammad, SAW adalah Al-Qur’an berjalan (The living Qur’an).

Menurut Imam Al-Mawardi, ayat itu diartikan sebagai keharusan untuk berbuat baik (berakhlak) terhadap semuanya, seperti dicontohkan Rasulullah SAW.

Entah itu sesama umat Islam, orang lain, bahkan binatang dan tumbuhan sekalipun.

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah (QS Al-Ahzab [33]: 21).

Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin (Q.S: At Taubah: 128).

Momentum kelahiran (maulid), Maulid Nabi Muhammad SAW, memang tak luput dari kegembiraan, atau pun kesenangan, dan kesyukuran.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah anugrah terbesar dari Allah SWT kepada alam semesta dan kemanusiaan yang diperuntukkan sebagai contoh tauladan yang baik dalam segala tindakan (uswah hasanah).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved