Breaking News:

Tribun Wajo

Arkeolog Kritisi Langkah Pemkab Wajo Pasangi Cungkup di Masjid Tua Tosora

Polemik terkait "perlindungan" struktur cagar budaya Masjid Tua Tosora, di Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo.

Pemkab Wajo
Rancangan pemasangan cungkup di atas reruntuhan struktur cagar budaya Masjid Tua Tosora, di Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo. (Sumber Pemkab Wajo) 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Polemik masih terus berlangsung terkait "perlindungan" struktur cagar budaya Masjid Tua Tosora, di Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo.

Pihak Pemerintah Kabupaten Wajo tetap kekeuh dengan pemasangan cungkup di atas reruntuhan masjid tua yang diperkirakan dibangun pada 1621 M itu.

Praktisi dan pemerhati cagar budaya, Muhammad Ramli pun meminta agar langkah Pemkab Wajo melakukan "perlindungan" dihentikan sementara.

Pasalnya, pemasangan cungkup itu tidak melalui mekanisme tang telah diatur dalam undang-undang.

"Karena Kegiatan mengatapi bagian dari pelindungan salah satu aspek dalam pelestarian, harusnya ada kajian kelayakan atau studi kelayakan, layak secara adminstrasi, layak secara teknis dan layak secara akademis," katanya kepada Tribun Timur, Minggu (17/10/2021).

Tahap kajian kelayakan adalah hal awal yang mesti dilakukan sebelum ke kajian teknis dan dilanjutkan ke kegiatan fisik, seperti pemasangan cungkup.

Muhammad Ramli yang pernah berdinas sebagai Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi itu meminta agar kegiatan pemasangan cungkup itu dihentikan sementara sampai ada hasil rekomendasi dari kajian akademis maupun administratif.

"Sebaiknya, dihentikan dulu kemudian dilakukan kajian pelestarian, itu jalan terbaik," katanya.

Jadi, Ramli beranggapan bahwa sebenarnya apa yang dilakukan Pemkab Wajo tidak ada masalah sepanjang ada kajiannya yang dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi, akademis dan teknis.

"Sekalipun itu keinginan publik, dan saya pikir masyarakat bisa memahami jika disampaikan mekanismenya," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved