Breaking News:

Penanganan Covid

Masuk Sulsel Wajib Swab PCR Hingga Isoman 5 Hari

Plt Gubernur Sulsel mengeluarkan surat edaran terkait ketentuan pemeriksaan Swab RT-PCR bagi pelaku perjalanan di Provinsi Sulsel.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Humas Pemprov Sulsel
Pelaksana Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pelaksana Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengeluarkan surat edaran terkait ketentuan pemeriksaan Swab RT-PCR bagi pelaku perjalanan di Provinsi Sulsel.

Pemeriksaan Swab RT-PCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) atau sering disebut dengan Swab PCR merupakan jenis pemeriksaan yang memiliki tujuan untuk menegakkan diagnosa dari penyakit Covid-19.

Untuk pemeriksaan Swab PCR ini berbeda dengan pemeriksaan Rapid Test. Rapid test merupakan jenis pemeriksaan screening antibodi dengan sampel darah. 

Apabila hasil pemeriksaan rapid test menunjukkan hasil yang reaktif, maka untuk menegakkan diagnosa maka pasien dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan dengan pemeriksaan Swab PCR. 

Selama masa menunggu hasil pemeriksaan Swab PCR keluar, pasien dianjurkan untuk tetap melakukan isolasi mandiri.

Dalam surat edaran, yang diteken Andi Sudirman pada Jumat (2/7/2021) tersebut ditujukan kepada Fokopimda Sulsel, Bupati/Wali Kota se-Sulsel, Kepala Otoritas Bandara Sultan Hasanuddin, Kepala Administrator Pelabuhan Soekarno Hatta.

Juga Kepala KKP Kelas 1 Makassar, Kepala Imigrasi Makassar, para Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemprov Sulsel dan Ketua Asita Sulsel.

Dalam Surat Edaran nomor 443.2/6332/Dinkes tersebut, Andi Sudirmam menjelaskan, sehubungan dengan perkembangan kasus Covid-19 di beberapa daerah termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan mengalami trend peningkatan kasus.

"Maka untuk mengantisipasi penularan COVID-19 varian baru, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut," kata Andi Sudirman dalam surat edaran tersebut

1. Seluruh pelaku perjalanan luar negeri dan atau dalam negeri diwajibkan melakukan test Swab RT - PCR sebagai persyaratan masuk ke wilayah Sulawesi Selatan baik melalui udara, laut maupun darat antar Provinsi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved