Tribun Makassar

Kapolres Pelabuhan Makassar Pantau Kesiapan Perayaan Waisak di Klenteng Xian Ma

Kapolres Pelabuhan Makassar Pantau Kesiapan Perayaan Waisak di Klenteng Xian Ma

Penulis: Muslimin Emba | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/MUSLIMIN EMBA
Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim memantau keamanan dan persiapan pengamanan jelang Waisak di Klenteng Xian Ma, Jl Sulawesi, Makassar, Selasa (25/5/2021) sore. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sehari jelang perayaan Waisak, Tim Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) Angngaru melakukan patroli keamanan di sejumlah klenteng di wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar.

Seperti terpantau di Klenteng Xian Ma, Jl Sulawesi, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Selasa (25/5/2021) sore.

Patroli dipimpin langsung Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Muhammad Kadarislam Kasim.

"Untuk perayaan Waisak kita tetap melakukan pengamanan. Khusus di wilayah Polres Pelabuhan Makassar ini ada enam vihara yang merayakan besok," katanya disela patroli.

Untuk memastikan perayaan Waisak berjalan aman dan lancar, pihaknya mengaku telah menyiapkan puluhan personel.

"Ada sekitar 20 orang personel kita siapkan. 10 orang melakukan pengamanan tetap mengawal jalannya ibadah sampai selesai, lainnya melakukan patroli.

Mantan kapolres Bone itu pun mengimbau warga yang hendak melakukan ibadah Waisak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi sudah diimbau juga oleh pemerintah pihak wihara, agar masyarakat yang datang melakukan ibadah untuk tetap patuh pada protokol kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu, pengurus Kelenteng Xian Ma, Lion Adnan (68) mengungkapkan, perayaan Waisak tahun ini amat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, perayaan dilakukan dalam kondisi keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

"Jadi tahun ini sangat sederhana sekali, hanya pengurus klenteng yang akan hadir melakukan ibadah besok karena pandemi, jadi kita batasi," katanya.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya itu (sebelum pandemi) ramai sekali dan meriah. Besok ini kita lakukan dengan sesederhana mungkin," sambungnya.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan umat Buddha yang hadir, pihaknya akan menyiagakan petugas khusus di depan klenteng.

"Jadi, besok sudah ada petugas yang kita siapkan di depan klenteng untuk penyekatan atau pembatasan umat yang masuk beribadah," ujarnya.

Pihaknya juga mewajibkan umat yang datang beribadah untuk menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk klenteng, dan pengecekan suhu tubuh.

Hari Raya Waisak tahun ini jatuh pada Rabu, 26 Mei 2021.

Waisak merupakan hari raya penting bagi umat Buddha dan ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia.

Hari Raya Waisak 2021 mengingatkan pada tiga peristiwa suci yang terjadi pada Buddha Gautama (Guru Agung Buddha Gotama) yaitu kelahiran, pencerahan sempurna, dan kemangkatan.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved