Breaking News:

Tribun Bone

Wali Kota Bontang Siap Bantu Pembangunan Bola Soba Bone

Rencana pembangunan Rumah Adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) masih dipikirkan pasca terbakar

Pemkab Bone
Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi bersama Wali Kota Bontang, Basri Rase 

TRIBUNBONE.COM, AWANGPONE - Rencana pembangunan Rumah Adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) masih dipikirkan pasca terbakar pada Sabtu 20 Maret lalu.

Namun, pastinya rumah kebanggan masyarakat Bone itu akan dibangun kembali. Targetnya sebelum masa jabatan Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi berakhir.

Salah satu yang menjadi kendala saat ini adalah bahan kayu untuk tiangnya. Sebab dibutuhkan sekira 100 batang kayu.

Tawaran pun muncul dari Wali Kota Bontang, Kalimantan Timur, Basri Rase. 

Putra asal Bone yang kini jadi orang nomor satu di Bontang menawarkan kepada Pemda Bone ke Bontang untuk melihat kayu yang ada di sana.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengatakan, Pak Wali Kota berencana membangun dan mengelola replika rumah Sultan sebagai destinasi wisata yang akan dibangun di Kota Bontang, dengan mengadopsi pengelolaan Bola Soba.

"Dia (red, Basri Rase) memang rencana membuat rumah adat di Bontang. Dia ingin melihat pengelolan budaya di Bone. Dia juga berharap ada kerja sama antara Pemda Bone dan Bontang," katanya.

Selain itu, kata Andi Fahsar, Basri Rase juga menawarkan untuk mengecek langsung kayu yang cocok untuk pembangunan Bola Soba. 

"Kami lagi berpikir bagaimana cara mendapat kayu yang besar untuk tiangnya sebanyak 100 biji (batang), makanya disampaikan, dan langsung dikomunikasikan dengan pengusaha kayu di Bontang. Untuk kayunya memang susah," ujarnya.

Namun, lanjut dia, ada pengusaha asal Wajo di Bontang pernah membeli kayu banyak untuk bangun rumah, dan ada lebihnya. 

Halaman
12
Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved