Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Hasil Uji Laboratorium, Pangan Segar di Pasar Wawondula Luwu Timur Aman dari Bahan Berbahaya

Hasil Uji Laboratorium, Pangan Segar di Pasar Wawondula Luwu Timur Aman dari Bahan Berbahaya

POM Palopo
Unit pelaksana atau Loka Pengawas Obat Makanan (POM) Palopo memastikan pangan segar yang dijual di Pasar Wawondula, aman bahan berbahaya, Sabtu (8/5/2021). 

TRIBUNLUTIM.COM, WASUPONDA - Unit pelaksana atau Loka Pengawas Obat Makanan (POM) Palopo memastikan pangan segar yang dijual di Pasar Wawondula, aman bahan berbahaya.

Menyusul hasil uji cepat laboratorium yang dilakukan Loka POM Palopo saat uji sampel di Pasar Wawondula, Kecamatan Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (8/5/2021).

Tim koordinasi pengawas obat dan makanan Luwu Timur ikut dalam pengawasan dan uji sampel di pasar tersebut. 

Kepala Loka POM Palopo, Mardianto mengatakan pihaknya bersama tim koordinasi pengawas obat dan makanan Luwu Timur melakukan pengambilan sampel terhadap pangan segar.

Pangan segar seperti daging, ikan basah dan kering serta makanan olahan rumah tangga berupa kue-kue berbagai jenis untuk buka puasa.

Ia mengatakan sebanyak 21 sampel diambil oleh tim Loka POM Palopo untuk dilakukan metode uji cepat melalui mobil laboratorium keliling tim Loka POM Palopo.

"Uji cepat terhadap 21 sampel makanan ini untuk mengetahui apakah ada bahan berbahaya yang terkandung di dalam makanan tersebut," kata Mardianto, Minggu (9/5/2021).

Metode uji cepat ini meliputi pengujian apakah makanan terkandung bahan formalin, boraks, metanil yellow, rhodamin B dan uji DNA porcine.

"Dari hasil uji cepat ke 21 sampel pangan segar ini ternyata hasilnya semua memenuhi syarat," kata Mardianto.

"Artinya aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan berbahaya," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved