Breaking News:

Tribun Bulukumba

Mudik Lebaran Dilarang, KMP Takabonerate Rute Bulukumba-Selayar Justru Diresmikan

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI meluncurkan Kapal Penyeberangan Penumpang (KMP) Takabonerate. 

ist
Kapal Penyeberangan Penumpang (KMP) Takabonerate 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI meluncurkan Kapal Penyeberangan Penumpang (KMP) Takabonerate. 

Kapal penumpang Ferry RO-RO 500 GT yang dibuat oleh PT Industri Kapal Indonesia diresmikan oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Rencananya, KMP Takabonerate akan dioperasikan oleh PT ASDP untuk melayani penyeberangan rute Pelabuhan Bira Bulukumna ke Pamatata Selayar.

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa menyampaikan, KMP Takabonerate ini sempat terkendala.

Pasalnya, ABK yang akan mengoperasikan kapal penumpang ini belum lengkap. 

"Jadi kita bereskan sertifikasi kapalnya, kita kembalikan (PT IKI) untuk keamanan. Kita jaga aset negara ini agar tidak ada kerusakan. Alhamdulillah kemarin ABK KMP Takabonerate sudah lengkap, siap dioperasikan dan akan berlayar di Selayar," katanya, Jumat (23/4/2021).

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan terima kasih atas dukungan Ditjen Perhubungan Darat dengan menghadirkan KMP Takabonerate

Menurutnya, ini salah satu bentuk dukungan menuju Makassar sebagai hub Indonesia bagian Timur. 

"Alhamdulillah dengan KMP Takabonerate ini, kami tentu senang sekali. Insya Allah kepulauan diperkuat untuk kemaritiman. Kita optimalkan sekitar dua ribu bentangan pantai," jelasnya.

Namun, apakah kapal ini bakal digunakan untuk mudik lebaran tahun ini?

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved