Breaking News:

Kesehatan

4 Gejala Seseorang Menderita Penyakit Jantung yang tidak Disadari

Dalam dunia kesehatan, penyakit jantung yang tiba-tiba menyerang tanpa “aba-aba” jelas ini dikenal dengan silent myocardial infarction.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi penyakit jantung 

TRIBUNTIMUR.COM - Penyakit jantung tidak hanya terkait dengan nyeri dada yang hebat. Ada juga seseorang yang menderita penyakit jantung, namun tidak memiliki gejala yang menonjol.

Dalam dunia kesehatan, penyakit jantung yang tiba-tiba menyerang tanpa “aba-aba” jelas ini dikenal dengan silent myocardial infarction.

Melansir Harvard Health Publishing, penyakit jantung tanpa gejala ini umumnya berupa serangan jantung yang sangat ringan dan berlangsung singkat.

Saking tidak terasanya, sebagian penderita mengabaikannya lantaran menganggap penyakit ini tidak serius.

Penyakit jantung tanpa gejala banyak dialami pria. Mereka baru mengetahui terkena penyakit ini setelah pemeriksaan kesehatan menunjukkan ada bekas luka miokard pertanda serangan jantung.

Selain pria, penyakit jantung tanpa gejala rentan menyerang perokok, orang dengan berat badan berlebih, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Seperti serangan jantung pada umumnya, penyakit jantung tanpa gejala juga rentan berbahaya karena bisa meningkatkan risiko serangan jantung kedua yang berdampak fatal.

Kendati memiliki embel-embel tanpa gejala, tapi sebenarnya masalah kesehatan ini bisa dikenali dari perubahan fisik penderitanya.

Berikut beberapa tanda penyakit jantung tanpa gejala yang wajib diwaspadai:

1. Rasa tidak nyaman di bagian dada

Halaman
123
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved