Opini Prof Aminuddin Ilmar

OPINI GURU BESAR FAKULTAS HUKUM UNHAS: Pemerintahan Suka-sukanya

Mungkinkah persepsi tersebut muncul oleh karena sebagian masyarakat melihat seperti apa praktik pemerintahan dijalankan selama ini.

Editor: AS Kambie
OPINI GURU BESAR FAKULTAS HUKUM UNHAS: Pemerintahan Suka-sukanya
Thamzil Thahir
Prof Aminuddin Ilmar, Guru Besar Unhas di Fakultas Hukum

Oleh:
Aminuddin Ilmar
Guru Besar Fakultas Hukum Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ada yang menarik dari diskusi warung kopi bahwa keadaan pemerintahan kita sekarang ini mau-maunya yang jadi alias ero-erona orang Makassar bilang.

Saya tersentak dan tertegun juga mendengar istilah tersebut.

Sebab, akan sangat berbahaya bilamana pemerintahan dijalankan sekehendak hati tanpa ada batasan atau kendali dan bisa menjurus kepada penyalahgunaan kewenangan atau tindakan melampaui batas atau perbuatan sewenang-wenang.

Mungkinkah persepsi tersebut muncul oleh karena sebagian masyarakat melihat seperti apa praktik pemerintahan dijalankan selama ini.

Dalam konsep hukum tata pemerintahan maupun hukum administrasi pemerintahan dengan jelas disebutkan, bahwa tidak ada suatu tindakan atau perbuatan pemerintahan yang dilakukan atau dijalankan yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan.

Semua tindakan atau perbuatan hukum pemerintahan harus dapat dipertanggung-jawabkan.

Itulah dalam konsep pengelolaan kepemerintahan yang baik disebut dengan akuntabilitas pemerintahan.

Akuntabilitas pemerintahan atau kepemerintahan yang bertanggung jawab adalah syarat mutlak untuk membangun dan menghadirkan kepemerintahan yang baik dan benar.

Tanpa hal tersebut maka tentu saja pengelolaan kepemerintahan akan menjadi bias dan menimbulkan banyak ketidakpuasan masyarakat, sehingga pada akhirnya akan menimbulkan rasa tidak percaya pada pemerintah yang ujung-ujungnya bisa menurunkan wibawa pemerintahan.

Bilamana kondisi tersebut tercipta, maka tentu saja pemerintah harus bekerja dengan keras untuk bisa kembali mengarahkan masyarakat agar masyarakat bisa percaya apa yang dilakukan atau dijalankan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

Membangun kepercayaan apatah lagi mengharapkan masyarakat ikut serta dalam proses penyelenggaraan pemerintahan bukanlah perkara mudah.

Keberhasilan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan oleh karena adanya dukungan dari masyarakat.

Tanpa dukungan masyarakat secara nyata melalui peran serta dalam setiap Kebijakan yang diambil, tentu saja akan sangat menyulitkan pemerintah untuk melakukan fungsi dan tugas serta kewenangannya dengan baik.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved