Breaking News:

Tribun Lutim

Resmikan Vertical Dryer di Balirejo, Mentan SYL Puji Potensi Resources Pertanian Luwu Timur

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo kunjungan kerja di Desa Balirejo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Sudirman
Ist
Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo kunjungan kerja di Desa Balirejo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (27/11/2020) 

TRIBUNLUTIM.COM, ANGKONA - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo kunjungan kerja di Desa Balirejo, Kecamatan Angkona, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (27/11/2020).

Syahrul tiba di Desa Balirejo menggunakan helikopter dan mendarat sekitar pukul 10.00 Wita lewat.

Agenda mantan Gubernur Sulsel ini di Balirejo untuk meresmikan dan meninjau unit vertical  dryer bantuan Kementerian Pertanian APBN 2020.

Vertical dryer atau mesin pengering dapat mengeringkan gabah dalam waktu 15 jam dengan kapasitas 6 ton dengan kadar air 13.5 persen.

Mentan SYL mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, daerah-daerah yang memiliki potensi dan produktivitasnya tinggi harus diintervensi melalui mekanisasi terutama pada sektor hilir. 

Aspek hilir terutama pasca panen selain  combine harvester, Rice Milling Unit (RMU), keberadaan dryer juga penting agar terbangun penanganan pascapanen hasil pertanian yang baik dengan sistem pengelolaan yang terstruktur.

Dengan adanya bantuan, Mentan SYL berharap produktivitas dan kualitas produksi meningkat walaupun musim hujan sudah ada mesin pengering. 

"Saya senang, lihat RMU-nya bagus, dryer bagus. Ini akan lebih efisien dan meningkatkan produktivitas" katanya SYL.

Modernisasi dan mekanisasi sektor pertanian menurutnya sudah menjadi keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia. 

"Pak kadis, saya lihat hamparan lahan di desa ini luar biasa. Luwu Timur ini memiliki potensi karena resourcesnya hebat. Oleh karena itu, perbaiki budidaya dan gunakan varietas unggul," saran mentan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved