Breaking News:

Program KIP Kuliah

Sambangi LLDikti dan Kampus di Sulsel, Teman KIP Pastikan KIP Kuliah Tepat Sasaran

Keberadaan Teman KIP merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden kepada Stafsus Presiden untuk mengawal program KIP Kuliah.

KIP
Teman Kartu Indonesia Pintar (KIP) menyambangi kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX dan beberapa kampus di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Teman Kartu Indonesia Pintar (KIP) menyambangi kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX dan beberapa kampus di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Agenda ini sebagai rangkaian kunjungan kerja Teman KIP untuk berkoordinasi dengan kampus-kampus yang mendapatkan program KIP-Kuliah, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Koordinator Nasional Teman KIP wilayah Indonesia Timur, Yasir Budjin Samoal menyatakan kehadiran Teman KIP-Kuliah yang diinisiasi Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma'ruf bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama ini adalah untuk mengawal program KIP-Kuliah agar tepat sasaran.

Keberadaan Teman KIP merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden kepada Stafsus Presiden untuk mengawal program KIP Kuliah.

"Sehingga kami melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan kemendikbud dan juga kemenag untuk memastikan program ini tepat sasaran. Olehnya itu, kami turun langsung berkoordinasi dengan kampus-kampus yang mendapatkan program KIP-Kuliah ini,"ujar Yasir dalam keterangan persnya, Rabu (16/9/2020).

Tim Asistensi Stafsus Presiden RI, Aminuddin Ma'ruf ini menambahkan, dengan adanya KIP Kuliah tidak ada lagi yang tidak bisa kuliah hanya karena alasan tidak ada biaya.

"Program KIP Kuliah ini adalah bentuk kehadiran negara serta kepedulian pemerintah di dunia pendidikan. Berdasarkan amanah Presiden, jangan sampai ada generasi bangsa yang tidak bisa kuliah hanya karena alasan tidak ada biaya. Termasuk biaya UKT. Olehnya itu kami ingin memastikan bahwa KIP-Kuliah benar-benar diberikan kepada mereka yang berhak baik di kampus negeri maupun di kampus swasta," tegasnya.

Sementara itu, dalam kunjungan di LLDikiti Wilayah IX Sulawesi juga membahas tentangan penyaluran KIP-Kuliah khususnya di kampus-kampus swasta wilaya Sulawesi.

Untuk penyaluran KIP-Kuliah bagi kampus swasta, itu melalui LLDikti wilayah masing-masing. Dari LLDikti selanjutnya didistribusikan ke kampus-kampus swasta.

"Makanya kami juga berkoordinasi dengan LLDikti. Sementara ini LLDikti Wilayah IX Sulawesi menunggu regulasi dari Kementrian untuk memprioritaskan daerah-daerah tertinggal di kampus-kampus swasta terakreditasi C di wilayah swasta. Karena memang masih banyak yang belum tersentuh," kata Yasir.

Untuk diketahui, beberapa kampus yang dikunjungi adalah Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM), UIN Makassar, Poltek Negeri Ujung Pandang yang ditemui langsung oleh pimpinan perguruan tinggi masing-masing.(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved