Breaking News:

Tribun Parepare

Kipas Dirancang Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Parepare

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare tengah merancang pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

TRIBUN TIMUR/DARULLAH
Sekretaris Kota Parepare, Iwan Asaad. 

TRIBUNPAREPARE.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare tengah merancang pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Salah satu yang menjadi sasarannya adalah optimalisasi Kawasan Industri dan Pergudangan Parepare dan Sekitarnya (Kipas).

Terkait rencana tersebut, Pemkot Parepare sudah mendapat dukungan dari Pemprov Sulsel melalui Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) dan PT Kawasan Industri Makassar (Kima).

Dukungan tersebut juga telah terbuktikan dengan kunjungan TGUPP, PT KIMA dan Bappeda Sulsel ke Kota Parepare beberapa waktu lalu.

Terkait hal ini, Sekretaris Kota (Sekot) Parepare H Iwan Asaad, Kamis (10/9/2020) mengemukakan, salah satu rencana pengembangan Kota Parepare yang sudah direncanakan di dokumen perencanaan jangka panjang dan jangka menengah adalah pengembangan Kawasan Industri dan Pergudangan Parepare dan Sekitarnya atau yang disingkat dengan Kipas.

Kipas dengan satu deliniasi kawasan yang berada di Kelurahan Bukit Harapan, Kecamatan Soreang, dan di Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Parepare.

“Luas rencana pengembangan Kipas berdasarkan deliniasi pada peta Rt/Rw Kota Parepare adalah seluas 104,486 hektare yang berada di 2 lokasi kelurahan, yaitu Kelurahan Bukit Harapan seluas 52,267 hektare dan Kelurahan Lapadde seluas 52,219 hektare,” terangnya.

Dari rencana luas KIPAS itu, yang telah dibebaskan seluas kurang lebih 34 hektare.

Di kawasan itu, sudah ada kavling pergudangan dalam hal ini Gudang Bulog Parepare seluas kurang lebih 14,16 hektare. Selanjutnya sudah ada juga pergudangan dari PT Wings, pabrik, dan pergudangan beras milik swasta.

Iwan mengungkapkan, Pemerintah Kota Parepare juga telah membangun akses jalan utama di kawasan pergudangan itu, seluas 20x400 meter, namun belum dilanjutkan karena menunggu Siteplan Kipas yang disepakati lebih tepat sesuai peruntukan lahan nantinya.

Halaman
12
Penulis: Darullah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved