Breaking News:

Opini

MENTALITAS POLITIK IKAN LELE

pemerintah perlu menunjukkan jiwa besar dan kedewasaan, dalam menyikapi setiap gerakan oposisi – khususnya terhadap manouver KAMI-.

Dokumen Aswar Hasan
Dr Aswar Hasan, Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Unhas 

TRIBUN-TIMUR.OPINI,- Buya KH.Ahmad Syafi’i Maarif mantan Ketua PP Persyarikatan Muhammadyah yang kerap disapa sebagai Guru Bangsa menulis di Kolom Resonansi Republika, dengan judul, KAMI dan KITA yang intinya agar tidak terjadi kegaduhan dalam berbangsa dimana masing- masing pihak hendaknya menghargai dan menjunjung tinggi etika dalam berdemokrasi, dalam posisi apa pun para pihak yang “bertikai secara politik” karena itulah dinamikanya berdemokrasi.

Buya Syafii menasehatkan agar jangan memelihara polarisasi yang makin mengeras karena bisa berefek pada psikologi rakyat yang semakin berat, akibat adu kekuatan politik.

Sementara fakta empiris makin mengangah bahwa negeri ini terlalu lama telah salah urus dan itu harus diakui semua pihak, termasuk oleh pemerintah sendiri.

Olehnya itu, pemerintah perlu menunjukkan jiwa besar dan kedewasaan, dalam menyikapi setiap gerakan oposisi – khususnya terhadap manouver KAMI-.

Negeri ini, tengah dilanda kecamuk pandemi covid-19 yang tak kunjung reda, terus sangat berpotensi tersungkur di resesi ekonomi dengan angka pertumbuhan ekonomi yang minus 5,32 persen yang diperparah serapan anggaran yang rendah.

Ironisnya, belanja negara itu adalah dari hasil mengutang yang kian menumpuk yang proses membayarnya kelak, entah kita sanggup atau tidak.

Citra pemerintah pun di gantungkan pada para Buzzer dan Influencer yang tidak jarang justru menambah gaduh suasana atau kalau toh tenang, boleh jadi akibat hipnotis para influencer tersebut.

Itu pun bersifat kamuplatif.

Bukan ketenangan yang sesungguhnya. Jujur harus diakui bahwa bangsa ini lagi susah, dan rusak dan sedang diperparah dengan kegaduhan akibat ego keberpihakan yang tanpa akal sehat dan hati nurani, lalu disempurnakan pada kepentingan syahwat kekuasaan duniawi semata.

Baik tidaknya negara ini, sangat ditentukan oleh para elite pelaku pemerintahan dan para politisinya.

Halaman
123
Editor: Munawwarah Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved