Breaking News:

Tribun Parepare

Wali Kota Parepare Pesankan Inovasi Cegah Covid-19, Dishub Pasang Stiker Sambil Razia Izin Trayek

"ASN harus menjadi teladan disaat pandemi, termasuk SKPD harus punya inovasi di semua lini. Kita memberikan kebijakan agar usaha diaktifkan

Ist
Pemasangan stiker imbauan pencegahan Covid-19 di setiap mobil angkutan kota, Sabtu (4/7/2020) 

TRIBUNPAREPARE.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe berpesan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar berinovasi menuju era new normal, termasuk pada bidang transportasi.

"ASN harus menjadi teladan disaat pandemi, termasuk SKPD harus punya inovasi di semua lini. Kita memberikan kebijakan agar usaha diaktifkan kembali, tetapi catatan protap kesehatan harus dijalankan, termasuk juga pada bidang transportasi," pesan Taufan Pawe.

Menyikapi instruksi tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare melakukan inovasi dengan memasang stiker imbauan pencegahan Covid-19 di setiap mobil angkutan kota (angkot).

Hal itu dilalukan Dishub dengan menggelar razia kelengkapan administrasi berupa izin trayek pada angkot, Sabtu (4/7/2020).

"Selain razia izin trayek, kita juga mengimbau dan melakukan sosialisasi bagi sopir dan penumpang terkait penerapan new normal untuk transportasi darat dalam mencegah Covid-19 sesuai protokol kesahetan," ujar Plt Kepala Dishub Parepare Iskandar Nusu.

Razia izin trayek itu, agar setiap angkutan kota bisa tertib berlalu lintas sesuai ketentuan memiliki papan trayek.

"Ini juga kita harapkan agar memudahkan informasi bagi penumpang dalam mendukung Kota Parepare sebagai Kota Tertib Berlalu Lintas," harap Iskandar yang juga Kepala Dinas Kominfo Parepare ini.

Sementara untuk stiker imbauan Covid-19 yang dipasang, tertera sejumlah pesan dan tata cara dalam menekan penyebaran virus Corona.

Seperti melakukan physical distancing, menggunakan masker, selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, rajin mencuci tangan.

"Dalam stiker itu juga memuat peringatan kepada sopir angkot agar melakukan pengaturan jarak tempat duduk penumpang sesuai ketentuan dan SOP," ujarnya.

Rutin melakukan pembersihan kendaraan, menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, dan alat pengecek suhu, dan melaporkan jika ada penumpang yang terindikasi gejala Covid-19.

Razia dan pemasangan stiker itu dilakukan Dishub bersama Satuan Lalu Lintas Polres Parepare.

"Dari hasil pemeriksaan izin trayek, masih ada sejumlah angkot yang belum lengkap izinnya," ungkap Iskandar.

Laporan wartawan Tribunparepare.com, Darullah, @uull_darullah.

Penulis: Darullah
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved