Ramadan 2020

Tasbih Raksasa dan Awal Mula Peradaban Islam di Binuang Polman

Tasbih berukuran besar dengan panjang 38 meter terus dirawat dan dilestarikan warga Kelurahan Amassangang, Kecamatan Binuang, Polman

Pengurus Masjid Nurul Hidayah Binuang
Warga Binuang Polman zikir berjamaah di Masjid Nurul Hidayah menggunakan tasbih raksasa. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Tasbih berukuran besar dengan panjang 38 meter terus dirawat dan dilestarikan warga Kelurahan Amassangang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat.

Tasbih tersebut memiliki usia 400 tahun. Memiliki biji seukuran buah kemiri sebanyak 3.330 butir terbuat dari buah Manjakani yang didatangkan langsung dari Tanah Suci Mekah.

Tasbih itu diwariskan turun temurun dan menjadi saksi awal mula peradaban agama islam di wilayah Binuang Kabupaten Polewali Mandar.

Imam Masjid Nurul Hidayah Binuang Muslimin mengatakan, tasbih itu dibawa oleh Syekh Abdul Kadir atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Mallawi di tanah Mandar.

Syekh Abdul Kadir adalah seorang ulama dari tanah Arab. Tasbih dibawa kr tanah Mandar saat menyebarkan agama Islam di Kerajaan Binuang.

"Ini diwariskan turun temurun. Saya sendiri mungkin yang menjadi generasi kelima,"kata Muslimin kepada Tribun-Timur.com di Masjid Nurul Hidayah Binuang, Senin (4/5/2020).

Dahulu, tasbih ini digunakan warga pada berbagai hajatan. Seperti khatam Al-Quran, maulid dan tahlilan.

Warga Binuang Polman zikir berjamaah di Masjid Nurul Hidayah menggunakan tasbih raksasa.
Warga Binuang Polman zikir berjamaah di Masjid Nurul Hidayah menggunakan tasbih raksasa. (Pengurus Masjid Nurul Hidayah Binuang)

Namun untuk menjaga kelestariannya. Saat ini hanya digunakan berzikir secara berjamaah di masjid setiap bulan Ramadan.

"Kami menggunakannya dzikir usai meleksanaka shalat tarwih,"ucap Muslimin.

Tapi, di tengah pandemi Covid-19, tasbih ini hanya disimpan di Iman Masjid karena saat ini dilarang membuat kerumunan. Sebab untuk menggunakannya dibutuhkan puluhan jamaah untuk memang sambil melapaskan dzikir.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved