Tribun Mamuju Utara

Polres Mamuju Utara Ringkus Pengedar Uang Palsu

Satuan Reskrim Polres Mamuju Utara ringkus pelaku pengedar uang palsu berinisial A (24).

Polres Mamuju Utara
Wakapolres Mamuju Utara Kompol Jufri Hamih didampingi Kasat Reskrim AKP Pandu Arief Setiawas merilis kasus pengungkapan pengedar uang palsu di Mapolres. 

TRIBUN-TIMUR.COM, PASANGKAYU -- Satuan Reskrim Polres Mamuju Utara ringkus pelaku pengedar uang palsu berinisial A (24).

Pelaku diringkus di Dusun Kayumaloa, Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Kasat Reskrim Polres Mamuju Utara AKP Pandu Arief Setiawan, mengatakan, pelaku diringkus pada 9 April 2020 saat berada di rumah keluarganya Desa Kalolo.

"Setelah ditangkat langsung digiring ke Polres untuk pemeriksaan. Dia mengaku telah mencetak uang palsu 40 lembar pecahan 50 ribu,"ungkap AKP Pandu.

Kata AKP Pandu, pelaku membuat palsu menggunakan kertas hvs dengan cara memasukkan uang kertas pecahan Rp 50.000 ke dalam print epson foto kopi kemudian mengukurnya pada sisi kiri dan kanan sehingga pada saat difoto kopi hasilnya sesuai ukuran dari uang aslinya.

"Uang palsu tersebut dipergunakan membeli di kios-kios yang sepi untuk mendapatkan kembalian uang asli dari penjual di kios-kios,"ungkas mantan Kasat Reskrim Polres Majene itu.

Dari penangkapan pelaku, penyidik Polres Mamuju Utara mengamankan barang bukti berupa, satu unit Print Epson L 385 warna hitam, satu unit komputer merk nelovo warna putih, satu pasang speaker merk Dat warna hitam.

Kemudian satu buah mouse computer warna putih, satu buah Key Board Warna Putih.

"Barang bukti tersebut adalah hasil curian di SMP Negeri 2 Pasangkayu,"ucapnya.

Selain itu, juga diamankan kertas Hvs Merk Sidu Warna Putih serta uang tunai sebanyak Rp 672 yang diduga merupakan hasil penukaran dari uang
palsu.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved